UKM Indonesia

​Beriklan di Tokopedia/ Shopee Anti Boncos

Penulis : Muhamad Arif Akhbar
Editor : Banu Rinaldi
01 Agustus 2022
Lama Baca : 6 menit

Apakah Sahabat Wirausaha sudah mulai berjualan secara online? di Marketplace seperti Tokopedia atau Shopee misalnya?

Nah, memulai berjualan online di Marketplace seperti Tokopedia dan Shopee memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Diawali dari membuka toko baru, mengupload produk dan mendekorasi toko, sampai melakukan proses marketing untuk toko yang sudah anda buat.

Dari beberapa hal yang sudah disebutkan tadi, mungkin bagi kebanyakan penjual online pemula tahapan yang paling sulit adalah bagaimana caranya agar bisa menjual produk untuk yang pertama kali dan bagaimana caranya agar toko yang sudah anda buat bisa konsisten mendapatkan orderan setiap harinya. Tentunya jawabannya sangat mudah yaitu dengan beriklan. Karena dengan beriklan anda bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan, sehingga penjualan pun akan semakin meningkat tentunya.

Namun yang menjadi masalah selanjutnya adalah seringkali penjual online yang sudah beriklan di Marketplace seperti Tokopedia dan Shopee seringkali merugi karena biaya iklan yang dikeluarkan ternyata jauh lebih besar dari pada keuntungan bersih yang didapat, bahkan tidak sedikit lho penjual online pemula yang tetap tidak mendapatkan orderan padahal sudah beriklan, yang dikenal dengan istilah “Boncos”.

Yuk simak penjelasan berikut mengenai cara beriklan yang optimal di platform Marketplace agar tidak boncos lagi.

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital


Alasan kenapa Sahabat Wirausaha harus beriklan di Tokopedia atau Shopee

1. Meningkatkan Omset Penjualan

Shopee dan Tokopedia saat ini merupakan dua diantara banyak platform e-commerce di Indonesia yang tumbuh sangat cepat. Berdasarkan data yang diperoleh dari ©Statista 2021, pada tahun 2021 jumlah pengunjung Tokopedia mencapai 135.08 juta klik sedangkan shopee mencapai 127.4 juta klik setiap bulannya.

Mengacu pada data tersebut, artinya ada lebih dari 120 juta calon pelanggan setiap bulannya yang siap membeli produk Sahabat Wirausaha semua. Tentunya jika sudah ada target pasar yang berkumpul dalam suatu wadah, Sahabat Wirausaha hanya perlu melakukan promosi yang optimal agar target pasar anda bisa mengetahui fitur dan manfaat produk sehingga akhirnya akan tergerak untuk membeli produk yang anda jual.

Saat produk yang anda tawarkan dilihat oleh jutaan calon pelanggan yang tepat serta membutuhkan produk tersebut maka bisa dipastikan omset penjualan pun akan meningkat.

2. Memunculkan kembali produk yang sudah lama diunggah

Produk yang sudah lama diunggah ke dalam marketplace oleh sistem pasti akan diletakan di halaman belakang karena tergeser oleh produk yang baru diunggah. Sehingga menjadikan produk anda akan sangat sepi kunjungan bahkan bisa jadi tidak ada kunjungan sama sekali.

Fitur seperti Naikkan Produk di shopee bisa dimanfaatkan untuk memunculkan kembali produk ke daftar paling atas. Namun, cara ini masih kurang optimal karena hanya akan bertahan selama lebih kurang 4 jam, setelah itu Sahabat Wirausaha harus menaikkannya kembali secara manual, berbeda dengan fitur iklan seperti Shopee Iklanku dan Top Ads yang akan membuat produk Sahabat akan bertahan di halaman depan lebih lama.

3. Sarana Riset

Tidak hanya bisa mendatangkan lebih banyak kunjungan ke toko atau produk milik Sahabat Wirausaha. Dengan beriklan, Sahabat Wirausaha juga bisa mengumpulkan data-data dan informasi untuk keperluan riset, berupa :

  • Produk yang laku dan yang kurang laku
  • Jam ramai kunjungan (data ini bisa di manfaatkan untuk menentukan kapan waktunya menaikan produk)
  • Jumlah pelanggan potensial
  • Kebutuhan biaya iklan, informasi ini bisa dijadikan sebagai acuan dalam menentukan anggaran iklan sahabat selanjutnya.

Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Untuk Membuat Website Toko Online Milik Sendiri

4. Branding Toko

Jika Sahabat Wirausaha sedang dalam tahap mengembangkan brand baru baik toko ataupun produk, menggunakan iklan berbayar bisa menjadi cara yang efektif untuk mempercepat brand anda dikenal pasar.

Tentu saja dalam konteks ini sahabat perlu merubah mindset dan parameter kesuksesan dalam beriklan, tidak untuk langsung mendapat pembeli melainkan dengan bertambahnya jumlah pelanggan yang mengikuti toko serta banyak yang menyukai atau memfavoritkan produk anda artinya itu sudah menjadi indikator positif bahwa iklan anda sudah bejalan dengan baik.

5. Scale up Bisnis atau usaha Sahabat

Dalam menjalankan bisnis online Sahabat Wirausaha pasti ingin mencapai hasil yang lebih baik setiap bulannya, tentunya hal ini sangatlah mungkin dilakukan dengan menggunakan strategi iklan berbayar, sederhananya jika sahabat sudah mengetahui kata kunci dan waktu yang tepat dalam beriklan sahabat hanya tinggal menaikkan budget iklan maka penjualan akan meningkat juga.


Tips Sukses Beriklan di Marketplace

1. Wajib membaca panduan beriklan dari platform terkait

Membaca panduan beriklan dari Shopee Iklanku dan TopAds menjadi syarat wajib bagi Sahabat Wirausaha yang ingin memulai beriklan di Shopee atau Tokopedia, sebab disana anda bisa belajar langsung dari platform yang bersangkutan mengenai istilah penting dalam beriklan, langkah-langkah yang benar dalam memulai iklan pertama anda sampai bagaimana cara mengoptimasi iklan anda di Tokopedia ataupun Shopee sehingga anda bisa sukses dalam beriklan.

Baca Juga: Mengenal Perusahaan Start Up

2. Perbaiki mindset beriklan

Iklan adalah sebuah proses untuk mendatangkan traffic atau lalu lintas kunjungan calon pelanggan anda ke dalam toko online baik itu di Shopee ataupun Tokopedia dengan tujuan Brand Awareness.

Namun, seringkali para pengusaha online menganggap bahwa ketika iklan sudah dilakukan maka produk yang dijual di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia menjadi “auto laku”. Nah, ini adalah pemahaman yang salah yang Sahabat Wirausaha harus perbaiki ya.

Kemudian, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa agar terjadi penjualan, sebuah produk memerlukan beberapa faktor yang harus dipenuhi, seperti :

  • Harga Barang, apakah harga barang yang sahabat jual sudah sesuai dengan kemampuan calon pembeli atau belum,
  • Kualitas barang, apakah kualitas barang yang anda jual sudah sesuai dengan harapan dari calon pembeli anda dari sisi warna, ukuran, desain, rasa dan lain sebagainya. ataukah calon pembeli memiliki kriteria khusus terhadap barang yang mereka inginkan,
  • Review, bagaimana komentar dari pelanggan yang sudah pernah membeli produk anda, apakah ada kekurangan dari produk yang Sahabat Wirausaha jual yang perlu diperbaiki lagi, dan beberapa hal lainnya

Sebelum calon pembeli akhirnya memutuskan untuk membeli barang atau produk yang anda jual.

3. Menentukan produk yang cocok untuk diiklankan

Tidak semua produk yang anda jual “bisa” diiklankan, jika Sahabat Wirausaha salah dalam memilih produk untuk diiklankan bisa jadi iklan yang anda jalankan tidak optimal bahkan sangat besar kemungkinannya akan boncos, berikut beberapa kriteria produk yang bisa Sahabat Wirausaha jadikan panduan dalam menentukan produk apa yang cocok untuk diiklankan :

  • Profit margin besar,
  • Boleh mengiklankan produk dengan profit margin kecil asalkan tujuannya untuk awareness atau sebagai strategi Tripwire,
  • Produk yang reviewnya paling bagus.

Baca Juga: Seluk Beluk Analisa Peluang Pasar di Tokopedia

4. Optimalkan halaman toko

Salah satu parameter penentu kesuksesan dalam beriklan di Shopee dan Tokopedia adalah optimalnya tampilan toko anda, sebab kembali lagi ke fungsi beriklan di marketplace yaitu untuk mendatangkan banyak lalu lintas kunjungan dan meningkatkan Brand Awareness, nah untuk Sahabat Wirausaha yang ingin mengoptimalkan halaman toko sebaiknya fokuslah pada beberapa hal ini :

  • Foto produk harus bagus resolusinya dan harus dikemas baik agar sesuai dengan persepsi calon konsumen yang anda target,
  • Judul produk harus di buat seoptimal mungkin untuk memperkuat kata kunci yang dibidik
  • Deskripsi produk harus jelas, seperti spesifikasi, syarat dan ketentuan toko agar calon konsumen paham produk dengan kualitas seperti apa yang akan mereka dapatkan saat membeli produk dari toko anda.
5. Gunakan fasilitas promo yang telah disediakan oleh sistem

Nah, pasti Sahabat Wirausaha semua sepakat ya kalau trick menawarkan ragam promo masih sangat ampuh untuk meningkatkan minat calon konsumen agar check out dan membeli produk yang Sahabat Wirausaha jual.

Banyak sekali ragam bentuk promo yang disediakan oleh sistem di Shopee dan Tokopedia, sahabat bisa menggunakan semuanya atau cukup beberapa saja untuk semakin meningkatkan penjualan produk di toko anda, seperti Gratis Ongkir, Cashback, Discount ataupun fleksibiltas pembayaran seperti Cash on Delivery (COD).

6. Pasang harga bersaing

High quality and Low cost website Design is our motto - best SEO agency

Harga memang menjadi salah satu parameter penting dalam berjualan di marketplace, banyak penjual online di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia yang beramai-ramai menawarkan produk dengan harga yang murah. Namun, perlu dicatat bahwa tidak selamanya produk dengan harga murah pasti laris dibeli konsumen, sebab banyak juga calon konsumen yang lebih mengutamakan kualitas meskipun harganya tidak murah.

Sahabat Wirausaha boleh-boleh saja menjual produk dengan harga murah di Shopee dan Tokopedia sebagai strategi tripwire, namun perlu dipertimbangkan juga apakah biaya iklan yang dikeluarkan sudah proporsional dengan harga produk yang dijual atau belum, agar sahabat terhindar dari boncos.

Baca Juga: Apa itu Market Growth?

7. Pilih jenis iklan sesuai tujuan

Banyak sekali pilihan jenis iklan di Shopee Iklanku dan TopAds, tergantung dari goals apa yang ingin anda targetkan, beberapa diantara jenis iklan yang umum digunakan adalah sebagai berikut :

  1. Iklan Kata Kunci,
  2. Iklan Toko,
  3. Iklan Produk Serupa dan masih banyak lagi
8. Jangan selalu ikuti rekomendasi, namun sesuaikan dengan target kata kunci, nilai bidding dan tingkat kompetisi produk

Hal penting lainnya yang harus anda pahami adalah tentang menentukan target kata kunci, bidding dan tingkat kompetisi. Jangan selalu ikuti rekomendasi dari platform yang bersangkutan, namun anda harus bijak dalam menggunakan budget, menyesuaikan dengan kata kunci dan tingkat kompetisi yang ada didalam platform Shopee dan Tokopdia.

9. Amati dashboard kemudian evaluasi dan perbaiki iklan sehingga semakin optimal

Terkahir, Sahabat Wirausaha harus rutin membaca data hasil iklan yang ditampilkan di dashboard iklan. Hal ini berguna untuk mengevaluasi apakah iklan yang anda jalankan sudah optimal atau belum, apakah ada yang perlu diperbaiki lagi dari sisi penawaran, foto ataupun promo yang anda gunakan agar iklan bisa lebih baik, menghasilkan profit lebih besar dan tentunya agar anda terhindar dari boncos.

Nah, sekarang Sahabat Wirausaha bisa mencoba beberapa tips diatas dalam beriklan di Shopee atau Tokopedia, selamat mencoba dan semoga sahabat semua bisa terhindar dari boncos yang berkepanjangan ya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Sumber :

  1. https://www.brankaspedia.com/2020/06/perbedaan-fitur-dan-manfaat.html
  2. https://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/
  3. https://seller.tokopedia.com/edu/lebih-jauh-tentang-fitur-topads/
  4. https://iklanku.shopee.co.id/
  5. https://ginee.com/id/insights/tripwrire-marketing/
  6. https://seller.tokopedia.com/edu/pengertian-istila...
  7. https://pakarjasa.co.id/blog/macam-iklan-topads-tokopedia/
  8. https://iklanku.shopee.co.id/learn/faq/57/19
Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: