Penulis : Putri Intan N.F.
Editor : Annisa Anastasya
09 Juli 2022
Lama Baca : 5 menit
Sumber: Ruta-startup.com Saat memulai sebuah bisnis sebagai seorang
founder tentulah wajib memiliki strategi jitu untuk mengembangkan sebuah perusahaan agar dapat memperluas
margin market yang diharapkan mampu meningkatkan
market growth atau pertumbuhan pasar. Pertumbuhan pasar sendiri merujuk pada rasio perubahan ukuran pasar pada kurun waktu tertentu. Perubahan rasio pertumbuhan pasar ditandai dengan naik turunnya omset penjualan semua perusahaan di pasaran. Pertumbuhan pasar yang meningkat merupakan faktor yang patut dimaksimalkan untuk mencapai peningkatan pertumbuhan pasar yang signifikan hal ini juga merupakan hal penting dalam merancang strategi pemasaran yang jitu.
Mengapa Pertumbuhan Pasar Itu Penting? Mencapai kesuksesan dalam berbisnis dapat dicapai dengan berbagai cara mulai dari menentukan target, strategi hingga merancang rencana pemasaran. Mempertimbangkan pertumbuhan pasar dalam sebuah perusahaan juga merupakan hal dasar untuk menguji serta mengevaluasi kinerja produk di pasaran, misalnya ketika sebuah perusahaan mampu meningkatkan penjualan atau minimal bertahan pada siatuasi pasar yang sedang turun, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa serta menandakan keefektifan strategi yang diterapkan. Dari kacamata manajemen memperhatikan persentase pertumbuhan pasar sebelum memasuki pasar yang baru akan membantu peningkatan rasio pertumbuhan pasar. Pasar yang mampu produktif serta bertumbuh tinggi lebih disukai karena mayoritas berpotensi meningkatkan omset yang berlimpah. Secara umum pula, pertumbuhan pasar juga penting untuk dipertimbangkan karena dapat mempengaruhi profitabilitas serta persaingan pasar.
Bagaimana Siklus Pertumbuhan Produk di Pasaran? Tingkat pertumbuhan sebuah produk di pasar tentunya sangat variatif terlebih ditahap pengenalan sebuah produk. Pada tahap awal pengenalan produk ini biasanya relatif lebih lambat dikarenakan minimnya konsumen yang familiar tentang produk tersebut baik dari segi kemasan maupun fungsi serta manfaat yang ditawarkan. Sehingga perusahaan yang mengeluarkan produk baru ini harus mengedukasi konsumen serta membujuk konsumen untuk bersedia menggunakan produk yang mereka belum kenal ini. Namun terkadang sedikit konsumen yang mau mencoba menggunakan produk baru ini sehingga diperlukan strategi yang tepat. Ditahap pertumbuhan pasar selanjutnya akan tampak lebih pesat dari fase sebelumnya. Para konsumen akan semakin familiar dengan produk yang ditawarkan berkat gencarnya promosi yang dilakukan maupun rekomendasi dari mulut ke mulut antar konsumen. Namun biasanya semakin melekat sebuah produk di masyarakat akan banyak pula kompetitor yang bersaing dengan produk yang serupa, disini perusahaan harus benar-benar menerapkan strategi maupun promosi yang tepat agar produk ini mampu melakat di hati konsumen dan tidak mudah tergantikan dikarenakan konsumen akan merasa beda jika menggunakan produk serupa namun berasal dari perusahaan yang lain. Untuk meningkatkan
market growth atau pertumbuhan pasar Sahabat Wirauaha harus mempelajari serta mencermati rumus
market growth berikut:
Sumber: Cerdasco.com
Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Pertumbuhan Pasar? Pertumbuhan pasar dalam sebuah bisnis tentunya tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sebuah produk. Ternyata ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan laju pertumbuhan pasar dalam meningkatkan popularitas sebuah produk, hal tersebut adalah:
- Pertumbuhan populasi
- Pertumbuhan ekonomi
- Perubahan selera konsumen
- Tren produk substitusi