Pretty european woman in casual sweater on pink wall. unhappy serious with megaphone doing stop sign with palm of the hand

Ingin memasarkan produk baru namun belum tahu caranya? Sahabat Wirausaha perlu mencoba jenis marketing yang banyak digunakan berbagai perusahaan untuk meningkatkan popularitas produk mereka di masyarakat nih, memangnya pakai jenis marketing apa sih? wah Sahabat Wirausaha perlu mencoba berkenalan dengan Outbound (Push Marketing), jika Sahabat Wirausaha belum familiar dengan metode ini, yuk dapatkan informasinya pada paparan informasi berikut.

Baca Juga : Market Size


Apa Itu Outbound (Push Marketing)?

Dalam dunia bisnis melakukan strategi marketing memang suatu hal yang wajib. Dengan melakukan strategi yang tepat diharapkan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan brand awarnesse hingga sales. Salah satu strateginya ialah menentukan jenis marketing yang tepat seperti Outbound (Push Marketing).

Outbound marketing sendiri merupakan jenis marketing dimana perusahaan mumulai komunikasi dengan konsumen dengan cara mengirimkan pesan kepada konsumen. Outbound Marketing tergolong sebagai jenis pemasaran yang bersifat tradisional dan faktanya masih sering dimanfaatkan hingga saat ini. Contoh pelaksanaan outbound marketing ini sendiri biasa dilaksanakan pada dunia periklanan tradisonal seperti iklan di TV, iklan radio, brosur, katalog dll. Teknik pemasaran seperti telemarketing dan email spam juga termasuk outbound marketing.

Baca Juga : Closed Loop Marketing

Selanjutnya berbicara mengenai push marketing itu sendiri, ia merupakan salah satu metode dari outbound marketing yang sering digunakan beberapa brand untuk mengenalkan produknya. Seperti Namanya push yang berarti dorong, strategi ini dilakukan dengan cara menawarkan produk baru kepada konsumen yang belum mengenal serta belum memiliki ketertarikan pada produk yang ditawarkan. Push Marketing biasa dilakukan dengan advertising, cold calling, product placement, dan upselling dan bertujuan agar produk yang baru launching dapat terlihat oleh publik.

Singkatnya Outbound Push Marketing ialah strategi pemasaran dimana pihak perusahaan yang memulai berkomunikasi dengan konsumen untuk menawarkan atau mengedukasi tentang produk yang akan ditawarkan untuk meningkatkan sales secara direct, seperti melalui email spam.


Pentingnya Outbond Push Marketing

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, outbound push marketing bertujuan untuk meningkatkan product exposure. Product exposure sendiri tetaplah dibutuhkan baik oleh brand lama atau pun brand baru. Hal ini karena agar setiap produk dapat laris dan dapat bersaing dipasaran perlu dibutuhkan visi dari marketing.

Baca Juga : Simulasi Pasar/ Market simulation

Dengan memperhatikan strategi marketing yang tepat akan mendorong produk agar bisa mempengaruhi daya beli konsumen atau terciptanya permintaan pasar. Banyaknya kompetitor di pasaran membuktikan bahwa sebuah produk yang Sahabat Wirausaha produksi bukanlah satu-satunya produk yang dapat dipilih, terkadang konsumen juga sering terpikat produk lain melalui iklan yang menyebabkan popularitas produk Sahabat Wirausaha tidak nampak.

Penggunaan strategi outbond push marketing dapat digunakan walaupun banyak pihak yang mengatakan strategi ini merupakan strategi marketing yang tradisional namun faktanya masih banyak perusahaan besar yang menggunakan startegi ini dan berhasil meningkatkan sales yang tidak sedikit.

Baca Juga : Clearing Market


Kelebihan dan kelemahan Outbond Push Marketing, Apa Saja ya?

Setiap strategi yang dilaksanakan dalam sebuah marketing tentu memiliki indikator keberhasilan dan kegagagalan dimana pada setiap pelaksanaan marketing perlu mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan penerapan strategi marketing agar nantinya produk yang dipasarkan sesuai dengan visi yang telah ditentukan, berikut kelebihan dan kekurangan outbond push marketing:

Kelebihan

  1. Akan lebih cepat terlihat hasilnya
  2. Dapat menjangkau lokasi yang luas dan bervariasi

Kelemahan

  1. Perusahaan membutuhkan budget yang relatif mahal
  2. Penerapan startegi ini hanya memberikan efek pendek saja

Sahabat Wirausaha tidak perlu merasa sulit jika ingin menerapkan strategi pada perusahaan Sahabat Wirausaha, mengapa? karena setiap strategi tentu memiliki kelemahan dan kelebihan sehingga yang lebij perlu Sahabat Wirausaha perhatikan ialah kelebihan atau segi positif yang akan didapatkan apabila Sahabat Wirausaha menerapkan sebuah strategi seperti outbond push marketing. Tetap semangat, tetap berjuang sukses di usia muda!

Baca Juga : Market Growth

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.