Closed Loop Marketing - Step by Step implementation in Pharma

Dunia digital mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dalam satu dekade terakhir. Banyak pola dan perilaku manusia yang mengalami pergeseran, salah satunya dalam melakukan transaksi jual beli. Saat ini, transaksi jual beli banyak beralih dari offline menjadi online. Banyaknya transaksi yang terjadi secara online berpengaruh juga terhadap strategi perusahaan dalam memasarkan produknya.

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital

Dalam dunia marketing, ada istilah yang dinamakan sebagai closed loop marketing. Istilah ini erat kaitannya dengan dunia pemasaran secara online. Untuk lebih detailnya, mari simak artikel berikut.


Pengertian Closed Loop Marketing

Menurut beberapa sumber, closed loop marketing adalah bentuk analisis pemasaran yang mengandalkan data (data driven) yang erat kaitannya dengan perilaku customer terhadap brand atau produk yang dipasarkan. Hal ini menjadikan divisi marketing dan divisi sales harus bekerjasama dalam meningkatkan income perusahaan.

Baca Juga: Apa itu Market Growth?

Misalnya, data yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk melakukan campaign adalah respon customer pada saat pertama kali berinteraksi dengan brand hingga hal apa yang membuat mereka memutuskan untuk melakukan pembelian.

Dengan kata lain, closed loop marketing merupakan rangkaian informasi perjalanan dari calon pembeli menjadi loyal customer. Informasi tersebut kemudian akan dikonversikan menjadi data sebagai bahan marketing campaign.

Baca Juga: Satisfaction Rate


Keuntungan Menggunakan Closed Loop Marketing

Berbagai macam strategi pemasaran yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan penjualan, termasuk dengan strategi closed loop marketing. Selain itu, ada beberapa keuntungan lain dari penggunaan strategi ini, diantaranya:

Baca Juga: Unique Selling Proposition

  1. Menekan biaya iklan per lead
  2. Meningkatkan conversion rate
  3. Menurunkan biaya marketing
  4. Memberikan informasi manajemen prospek yang terintegrasi
  5. Mempersingkat siklus penjualan
  6. Memberikan informasi pengalaman pelanggan yang lebih akurat
  7. Menyediakan informasi untuk analisa Return on Investment (ROI)

Dengan mengetahui keuntungan di atas dari closed loop marketing semakin memperjelas bahwa penggunaan strategi ini sangat penting dalam mengoptimalkan kinerja pemasaran.

Baca Juga: Marketing Campaign, Seberapa Efektif Meningkatkan Penjualan?

Nah, jadi gimana Sahabat Wirausaha, apakah tertarik untuk menerapkan strategi ini pada bisnisnya?

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.