Sumber: pawoon.com

Apakah Sahabat Wirausaha ada yang ingin memulai bisnis baru? Jika iya, mungkin franchise atau waralaba bisa menjadi pilihan yang dapat dipertimbangkan. Apa sih waralaba itu dan apa untungnya berbisnis waralaba? Yuk kita simak artikel berikut ini.


Mengenal Bisnis Franchise

Sahabat Wirausaha tau gak nama franchise itu diambil dari bahasa mana? Yup betul sekali, nama ini diambil dari bahasa Perancis, yaitu franchir, yang berarti keistimewaan atau kebebasan. Dalam konteks bisnis, pemilik dari sebuah merek dagang memberikan keistimewaan atau kebebasan kepada pihak lain untuk dapat menggunakan merek dagang tersebut dengan berbagai peraturan yang telah disepakati sebelumnya.

Baca Juga: Potensi UMKM Purbalingga Menembus Pasar Ekspor

Dalam istilah bahasa Indonesia, franchise kerap disebut dengan waralaba, dimana wara memiliki makna lebih dan laba berarti untung. Sehingga, waralaba dapat kita definisikan sebagai usaha yang memberikan keuntungan lebih. Apa saja ya kira-kira keuntungannya?


Untungnya Berbisnis Franchise

1. Cepat dalam Memulai Usaha

Time is money, sering dengar kutipan ini bukan? Jika waktu berjalan secara konstan dan teratur, maka dalam ini kecepatan lah yang dapat kita kendalikan. Kecepatan adalah salah satu faktor yang menguntungkan dalam sebuah bisnis.

Ketika Sahabat Wirausaha cepat dalam menghadirkan produk baru, dimana pesaing belum memilikinya, akan memberikan keuntungan untuk bisnis kita. Contoh lainnya ketika Sahabat Wirausaha dapat memberikan pelayanan yang cepat, tentu akan menghadirkan kepuasan di benak konsumen. Begitu pula dengan bisnis franchise.

Baca Juga: Potensi Ekspor Produk Seafood

Dibandingkan dengan merintis bisnis sejak awal, bisnis franchise akan mempersingkat waktu Sahabat Wirausaha karena kita tidak perlu repot membuat proposal bisnis hingga strategi pemasaran. Sistemnya pun sudah disiapkan sehingga Sahabat Wirausaha hanya perlu menjalankan bisnisnya saja.

2. Pelatihan dan Panduan

Bayangkan Sahabat Wirausaha sedang bermain pencarian harta karun. Kalau Sahabat Wirausaha disiapkan peta dan diberi pelatihan agar bisa bertahan hidup, kira-kira akan lebih mudah atau lebih sulit? Tentu akan lebih mudah ya Sahabat Wirausaha. Begitu pula kalau kita berbisnis franchise.

Pemilik waralaba akan memberikan pelatihan, seperti pelatihan pemasaran, finansial, produksi, dan lain sebagainya. Sahabat Wirausaha tenang saja, kita tidak akan membayar lagi untuk pelatihan ini karena secara umum pelatihan sudah termasuk dalam paket pembelian waralaba.

Baca Juga: Roa Judes, Menduniakan Sambal Khas Manado

3. Kerjasama dengan Berbagai Pihak Telah Terbangun

Ketika Sahabat Wirausaha memulai usaha, kita tentu membutuhkan berbagai pihak untuk berkolaborasi bukan? Sebut saja supplier bahan baku, pihak pemasaran dan advertising, penyedia aplikasi kasir, dan lain sebagainya. Jika membeli paket franchise merek dagang tertentu, Sahabat Wirausaha akan mendapatkan keuntungan berupa kerjasama yang telah terbangun sebelumnya oleh pemilik franchise. Sangat memudahkan bukan.

Baca Juga: Ragam Cara Mengembangkan Usaha Dengan Mengoptimalkan Dampak Sosial dan Pemberdayaan Komunitas

4. Merek yang Dikenal Masyarakat

Biaya dan tenaga Sahabat Wirausaha untuk membangun reputasi bisnis akan lebih minim, karena secara umum merek dagang yang membuka kesempatan franchise sudah lebih dahulu dikenal di masyarakat. Hal ini tentu akan membantu mendorong penjualan bukan?

Baca Juga: Peluang Pasar Apparel

5. Kemudahan dalam Pembiayaan

Dalam bisnis, terkadang Sahabat Wirausaha membutuhkan investor. Secara umum, investor cenderung mempercayakan uangnya pada bisnis yang telah memiliki jaringan pemasaran dan finansial yang telah kuat dan kokoh. Dengan menggunakan franchise, sistem manajemen pemasaran dan finansial telah terbangun sebelumnya. Hal ini akan lebih memudahkan Sahabat Wirausaha dalam mendapatkan kesempatan pembiayaan dari investor.

Bagaimana Sahabat Wirausaha, tertarik untuk berbisnis franchise? Gali lebih dalam peluang dalam berbisnis franchise atau waralaba disini.

Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. klikchicken.com. Halaman muka.
  2. pawoon.com. (2019). 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Bisnis Waralaba.
  3. ukmindonesia.id. (2020). Mengintip Peluang Memperluas Pemasaran melalui Waralaba.