UKM Indonesia

​Social Media Campaign


Sudah posting produk jualan di berbagai media sosial, namun produk belum laku juga?

Pernahkah sahabat wirausaha berada dalam posisi itu? Mungkin, cara pemasaran produk kamu belum efektif sehingga tidak sampai pesannya ke audiens. Salah satu teknik pemasaran yang dapat kamu lakukan adalah social media campaign atau kampanye media sosial, yaitu sebuah teknik pemasaran yang bertujuan untuk memperkuat branding produk atau bisnis kita melalui media sosial.

Baca Juga: Affiliate Marketing

Berbeda dari pemasaran yang Anda lakukan sehari-hari di media konvensional, social media campaign membutuhkan peningkatan fokus, target, dan pengukuran yang tepat. Lalu, bagaimana cara membuat social media campaign yang baik? Yuk, simak kamus bisnis berikut ini!


Pengertian dan Tujuan Social Media Campaign

Berdasarkan pengertian dari HootSuite, social media campaign atau kampanye media sosial merupakan suatu kegiatan pemasaran melalui media sosial yang bertujuan untuk memperkuat brand awareness dan meningkatkan strategi penjualan. Social media campaign dapat dilakukan pada satu media sosial tertentu atau berlangsung di beberapa platform media sosial.

Baca Juga: Search Engine Marketing (SEM)

Sebelum memulai social media campaign, kita harus terlebih dahulu menentukan target pasar, menganalisis social media campaign yang digunakan oleh kompetitor, menetapkan tema dan konten campaign, serta menetapkan indikator yang menjadi tujuan dan keberhasilan campaign.

Social media campaign biasanya memiliki tema atau konsep khusus sesuai event yang sedang berlangsung, seperti kampanye Black Friday, atau mengangkat isu sosial yang sedang populer, seperti Woman Empowerment.

Pada umumnya, sebuah bisnis yang melakukan social media campaign mempunyai empat (4) tujuan utama, yaitu:

  1. Menciptakan dan menjaga hubungan baik antara brand dengan customernya.
  2. Meningkatkan brand awareness, social media engagement, dan traffic website.
  3. Meningkatkan penjualan produk atau jasa.
  4. Meningkatkan keterlibatan brand secara keseluruhan
Baca Juga: Komponen Konten Pemasaran


Manfaat Social Media Campaign

  1. Mampu menjangkau lebih banyak konsumen melalui targeted marketing via media sosial. Saat melakukan social media campaign, sebuah bisnis harus terlebih dahulu mengetahui segmentasi pasar, seperti segmentasi geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Dengan menggunakan targeted marketing, kampanye media sosial yang dilakukan dapat berjalan lebih akurat dan efektif dibandingkan dengan kampanye media konvensional.
  2. Strategi pemasaran yang lebih efektif dan efisien, karena pada umumnya biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dibandingkan pemasaran melalui media konvensional, seperti koran, radio, atau televisi. Beberapa bisnis yang baru merintis akan memaksimalkan kampanye media sosial secara organik sehingga tidak memerlukan banyak biaya
  3. Aktivitas marketing yang terukur dan terkontrol. Dibandingkan dengan kampanye secara konvensional, aktivitas kampanye melalui media sosial lebih mudah terukur. Media sosial tertentu sudah menyediakan fitur-fitur yang berfungsi untuk mengukur berapa banyak konsumen yang mengunjungi bisnis kita dari kampanye tersebut, berapa jumlah followers yang bertambah, dan tingkat konsumen yang berinteraksi dengan bisnis kita.

Baca Juga: Social Media Marketing

Itu dia pembahasan tentang social media campaign, sahabat wirausaha. Banyaknya pengguna yang beralih dari media konvensional ke media sosial serta biaya yang terjangkau menjadikan social media campaign sebagai teknik pemasaran yang ramai digunakan. Yuk, mulai implementasikan teknik ini ke dalam bisnis sahabat wirausaha! Saatnya UMKM naik kelas!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. Social Media Campaign dan Peran Pentingnya dalam Meningkatkan Brand Awareness - Accurate Online
  2. Tips Membangun Social Media Campaign yang Tepat | Strategy PR
  3. Social Media Campaign: Pelajari Arti, Strategi, dan Tujuannya- Glints Blog
Sukai postingan ini:
KOMENTAR
Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: