Sumber Gambar: Pixabay

Hampir semua aspek kehidupan di dunia ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini membuat aktivitas menjadi lebih mudah, tidak terkecuali dalam berbisnis. Kini kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan secara langsung atau tatap muka, melainkan juga secara tatap maya (online shopping) dengan jalur pengiriman via jasa kurir/ekspedisi.

Sahabat wirausaha mungkin pernah mendengar beberapa istilah dalam berbelanja online, salah satunya adalah resi dan tracking/pelacakan. Apakah istilah resi dan tracking tersebut sangat penting dalam bisnis? Agar tidak penasaran, yuk disimak penjelasan mengenai resi dan tracking di bawah ini.


Pengertian Resi dan Tracking

Resi adalah bukti pengiriman suatu barang yang dibuat oleh jasa pengiriman barang (ekspedisi). Ada banyak contoh penyedia jasa pengiriman barang di Indonesia, seperti JNE, J&T, Sicepat, dan lainnya.

Resi biasanya berupa selembar kertas yang berisi data identitas penerima dan pengirim, nomor resi, alamat tujuan, jenis pengiriman, tanggal, dan ukuran barang yang dikirim. Resi sangat penting untuk mengetahui informasi seputar barang yang dikirim, terutama nomor resi. Nomor resi biasanya berbentuk kombinasi angka yang tertulis di resi. Fungsi pembuatan resi adalah agar pembeli dapat melakukan tracking pada barang mereka yang sedang dikirimkan.

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital

Nah, arti tracking sendiri adalah pemantauan atau pelacakan. Dengan kata lain, tracking resi merupakan kegiatan untuk melacak posisi barang yang sedang dikirim dan mengetahui tindak lanjut dari barang yang dikirimkan oleh ekspedisi serta kurir. Biasanya, jasa pengiriman memiliki situs web dan aplikasi untuk melacak barang, cukup dengan memasukkan nomor resi di tempat yang disediakan.

https://1.bp.blogspot.com/-wfzbFNF1jSk/XoBWBVuKi6I/AAAAAAAAAcg/VFQgwc9U5Oorr3EZuNFdXxu9jE-hgHm9QCLcBGAsYHQ/s640/resi%2Bjne%2Byang%2Bmana.jpg

Contoh nomor resi (sumber: datakota.net)


Cara Melakukan Tracking Resi untuk Bisnis UKM

Jika Sahabat Wirausaha memiliki bisnis di e-commerce/online shop yang menggunakan jasa pengiriman, maka kegiatan tracking resi ini jangan sampai dilewatkan. Sahabat dapat langsung menerima nomor resi setelah melengkapi data identitas pembeli barang pada jasa pengiriman barang/ekspedisi yang dipilih. Kemudian, resi ini dapat dibagikan kepada pembeli/penerima barang untuk identitas paket.

Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Untuk Membuat Website Toko Online Milik Sendiri

Nomor resi memberikan bukti bahwa paket pembeli telah dikirim oleh penjual atau sahabat wirausaha. Setelah nomor resi didapatkan, maka pembeli bisa mengetahui barang mereka sudah sampai di mana, dan sahabat wirausaha bisa mengetahui status produk yang dikirimkan. Nomor resi juga bisa menjadi alat komunikasi antara penjual dan pembeli sehingga bisa meningkatkan kepercayaan antara kedua belah pihak.


Kode dalam Tracking Resi

Setelah memasukkan nomor resi pada jasa pengiriman, terdapat beberapa kode yang sering ditampilkan pada website atau aplikasi pengiriman barang untuk posisi barang yang sedang dikirim, ada pun contohnya sebagai berikut:

1.AU

AU atau Antar Ulang berarti paket tidak dapat terkirim di hari sebelumnya dan sedang diproses untuk diantar ulang.

2. CC (Criss Cross)

Criss Cross adalah keadaan di mana kemungkinan paket penerima tertukar dengan orang lain, karena identitas penerima yang tertulis di nomor kiriman tidak sesuai dengan identitas penerima yang ada di paket.

Baca Juga: Membedah Platform E-Commerce untuk UKM Ekspor

3. Delivered

Delivered berarti paket sudah dikirimkan oleh kurir dan sudah diterima oleh pihak penerima.

4. On-process

On-process menunjukkan kondisi paket pembeli sedang dalam proses pengiriman.

5. On-transit

On-transit yaitu paket Anda sedang dalam tempat transit karena lokasi pengiriman yang cukup jauh.

6. With Delivery Courier

Kode ini menunjukkan bahwa paket pembeli sedang bersama kurir untuk dikirimkan.

Baca Juga: Seluk Beluk Analisa Peluang Pasar di Tokopedia


Kesimpulan

Jasa pengiriman barang saat ini sudah sangat berkembang. Kita sebagai pengguna layanan tersebut dapat melakukan tracking resi kapan saja dan di mana saja. Meskipun begitu, perlu dilakukan pengecekan barang saat menerima paket agar barang yang diterima oleh pembeli masih dalam kondisi baik. Apabila nomor resi tidak dapat dilacak, segera hubungi pihak ekspedisi untuk tindak lanjut ya.

Referensi:
Bisniskuy