Sahabat Wirausaha tentu pernah membeli barang melalui ecommerce, bukan? Setelah barangnya sampai dan status di aplikasi menjadi selesai, Sahabat Wirausaha akan diminta memberi penilaian dalam skala bintang satu hingga lima, serta ulasan terkait produk maupun toko yang menjual barang tersebut, seperti bagaimana kualitas barangnya, apakah sesuai deskripsi atau tidak, apakah penjual memberikan pelayanan yang baik, dan lain sebagainya. Hal ini biasa kita sebut dengan customer feedback.

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial

Gambar 1. Contoh Ulasan Pembeli di Ecommerce

Sumber: Carousell

Secara umum, customer feedback atau user’s voice adalah opini atau pendapat terkait pengalaman pelanggan atau konsumen terhadap barang atau jasa yang telah digunakannya. Mendapat opini pelanggan sangat penting ya Sahabat Wirausaha, selain agar produk atau jasa dapat diperbaiki, customer feedback juga bertujuan untuk menciptakan kepuasan bagi pelanggan.


Ragam Cara Mendapatkan Customer Feedback

Sahabat Wirausaha, setidaknya ada dua cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk memperoleh customer feedback, antara lain:

Baca Juga: Customer Oriented

1. Lakukan Survei

Survei sepertinya sudah menjadi instrumen yang umum digunakan untuk mengukur atau mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu merek ya Sahabat Wirausaha. Lebih jauh, kita juga bisa mengetahui volume pengguna terkait persepsi, kebutuhan, dan preferensi dalam menggunakan produk atau jasa Sahabat Wirausaha melalui survei.

Gambar 2. Survei Pelanggan

Sumber: BPOM

2. Pantau Social Media

Di era komunikasi yang sudah sangat terbuka saat ini, Sahabat Wirausaha memiliki banyak akses untuk bisa lebih dekat dengan pelanggan, salah satunya melalui kanal media sosial. Lebih jauh, kanal ini juga dapat kita optimalkan untuk mendapatkan informasi atau ulasan berharga dari konsumen.

Baca Juga: Customer Acquisition

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Customer Engagement Dalam Bisnis

Dalam mencari customer feedback melalui komentar pelanggan di media sosial, fokuskan perhatian Sahabat Wirausaha terhadap keyword atau kata kunci yang sering dipakai oleh mayoritas konsumen dalam menyampaikan opininya. Saat semua data telah tersaring, kita dapat mengumpulkan poin atau masalah apa yang memberi dampak paling besar terhadap kepuasan pelanggan.

Sahabat Wirausaha, itulah penjelasan singkat terkait customer feedback. Mari kita dengarkan suara pelanggan untuk bisnis yang lebih baik kedepannya. Selamat bertumbuh!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

helpscout.com. Customer Feedback : Why It’s Important.