Organic flat customer support illustration

Sumber: Freepik

Pernah nggak sih Sahabat Wirausaha membayangkan kok bisa ya perusahaan-perusahaan startup seperti GoJek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dan sejenisnya yang usianya rata-rata baru sekitar 10 tahunan tapi pertumbuhannya begitu pesat, memangnya apa sih yang membuat mereka bisa bertumbuh dengan cepat.

Nah, jawabannya tentu sangat kompleks ya sahabat, banyak sekali faktor yang membuat perusahaan-perusahaan tersebut tumbuh, dan salah satu faktor penting yang membuat growth dari perusahaan startup begitu pesat adalah tentang customer acquisition atau akuisisi pelanggan. Yuk, simak pembahasan tentang costumer acquisition pada kamus bisnis berikut.

Baca Juga: Tren-tren dalam GoFood/GrabFood yang Penting Bagi Digital Marketing


Definisi

Menurut Hubspot, “customer acquisition adalah proses untuk mendatangkan customer atau pelanggan baru bagi bisnis Anda, tujuannya untuk menciptakan strategi akuisisi yang sistematis dan berkelanjutan sehingga bisnis Anda dapat beradaptasi mengikuti tren dan perubahan yang terjadi.” Untuk lebih jelasnya Sahabat Wirausaha bisa lihat pada gambar berikut :

Dari gambar tersebut Sahabat Wirausaha bisa melihat dengan jelas ya bahwa customer acquisition merupakan representasi dari proses merubah temperatur pembeli dari yang tidak kenal sampai akhirnya membeli produk yang sahabat jual atau gabungan dari proses Lead Generation, Lead Acquisition, dan Lead Conversion (marketing funnel/ corong pemasaran).

Baca Juga: Mengenal Apa itu Google Adsense?


Kenapa Customer Acquisition Penting?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan dari customer acquisition ini adalah untuk mencari pelanggan baru secara terus menerus dan berkelanjutan sehingga bisnis Anda akan kedatangan pelanggan baru setiap saat. Hal ini tentunya akan membuat bisnis Anda terus berkembang dan sehat, dan jika strategi ini bisa Anda terapkan tentunya akan sangat baik bagi perkembangan bisnis Sahabat Wirausaha dalam jangka panjang.

Baca Juga: Apa itu Creativepreneur?

Dalam melakukan proses customer acquisition ini ada banyak sekali metode yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dari mulai yang gratis sampai yang berbayar. Dilansir dari neilpatel, berikut beberapa metode customer acquisition yang bisa sahabat coba terapkan pada bisnis yang sedang Anda jalankan ya.

1. Content Marketing

Tidak bisa dipungkiri bahwa strategi membuat konten merupakan salah satu cara terbaik yang bisa Sahabat Wirausaha lakukan di era seperti sekarang. Membuat konten yang relevan dengan user atau target pasar secara terus menerus tentunya akan membuat mereka semakin aware atau sadar dengan merek atau produk dan jasa yang sahabat jual. dapat berupa blog, ebook, katalog digital, video dan masih banyak lagi bentuk lainnya.

Baca Juga: Inilah Platform E-Commerce yang Mendorong Omset UKM

Platform yang bisa sahabat gunakan untuk melakukan content marketing juga sangat beragam dari mulai website sampai dengan yang saat ini sedang berkembang yaitu TikTok juga sangat mempermudah anda untuk menyebarkan konten yang sudah anda buat.

Tentunya semakin banyak konten berkualitas yang diproduksi dan disebarkan maka kemungkinannya akan semakin banyak juga orang yang menikmati konten tersebut dan semakin banyak pula yang akan menjadi calon pelanggan Anda.

Baca Juga: Tips Membuat Foto Konten yang Menarik untuk Produk Fashion

2. Social Media Marketing

Berkembangnya platform media sosial juga bisa Sahabat Wirausaha manfaatkan. Mulai dari yang gratis yaitu dengan mengoptimasi secara organik atau dengan yang berbayar (paid ads) bisa sahabat gunakan. Tentunya masing-masingnya punya kelebihan dan kekurangan ya sahabat.

Biasanya mengoptimasi media sosial dengan cara organik membutuhkan waktu yang lama namun sangat bagus untuk mengenalkan bisnis Anda kepada target market untuk jangka Panjang. Sedangkan yang berbayar tentunya sangat bagus untuk memperkenalkan bahkan bisa membuat calon pelanggan membeli atau membantu Anda closing dalam waktu yang relatif singkat.

Baca Juga: Cara Mendorong Kreativitas Dalam Berbisnis

Beberapa sosial media yang sering digunakan untuk melakukan sosial media marketing diantaranya adalah facebook, Instagram, youtube, tiktok, whatsapp, dan masih banyak lagi yang lainnya. Itu dia penjelasan lengkap seputar customer acquisition. Intinya, customer acquisition adalah proses menarik pelanggan baru pada produk dan jasa Sahabat Wirausaha yang bisa meningkatkan daya tarik bisnis anda bukan hanya bagi calon pelanggan bahkan di mata investor.

Karena strategi ini sangat penting untuk keberlangsungan bisnis, semoga Sahabat Wirausaha sudah paham dan bisa segera mengaplikasikannya ya.

Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://blog.hubspot.com/service/customer-acquisition
  2. https://neilpatel.com/blog/guide-to-customer-acquisition/
  3. https://www.marketeers.com/konten-video-tiktok-seperti-apa-yang-bisa-bantu-bisnis-ukm/