Cerdik Menangkap Peluang Usaha dengan Go Digital

Deskripsi Program

Halo Sahabat Wirausaha!

Terima kasih telah bergabung menjadi member UKMIndonesia.id.

Sebagai bentuk apresiasi untuk para member UKMIndonesia.id, kami berkomitmen untuk mengumpulkan dan menyebarluaskan berbagai program terkait pengembangan UMKM di seluruh Indonesia, baik yang merupakan program Pemerintah, swasta maupun institusi/lembaga lainnya, dimana member akan menjadi prioritas kami sebagai penerima manfaat program tersebut.




Untuk memulai langkah awal kebersamaan, UKMIndonesia.id bekerjasama dengan Kementerian Koperasi & UKM akan menyelenggarakan acara soft launching UKMIndonesia.id yang bersamaan dengan seminar dan workshop dengan tajuk ‘Cerdik Menangkap Peluang Usaha dengan Go Digital‘, pada Rabu, 24 Juli 2019 lalu, pada waktu dan tempat:

Jam : 09.30 - 12.00 WIB (sesi seminar)

13.00 – 15.00 WIB (sesi workshop)

Tempat : Ruang Auditorium, Gedung Kementerian Koperasi dan UKM Lantai 2

Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan

Acara ini sekaligus merupakan bentuk syukuran atau soft launching ukmindonesia.id sebagai pusat informasi, pengetahuan, dan kesempatan untuk UMKM. Saat ini lebih dari 1000 UMKM dari 29 provinsi di Indonesia melakukan pendaftaran, dan sekitar 600 lebih sudah lolos verifikasi dan mendapatkan Sertifikat Register UMKM yang resmi dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI. Kepemilikan sertifikat tersebut akan menjadi sarana bagi UMKM untuk mendapatkan prioritas akses program-program Kemenkop UKM RI, dan mitra-mitra ukmindonesia.id lainnya, seperti XL Business Solution, Bank DBS, Gojek, Bukalapak, APINDO, dan berbagai mitra lainnya. Kami akan terus bekerja keras untuk memperluas jaringan pemerintah, dunia usaha, universitas, dan institusi non-pemerintah lainnya yang memiliki program untuk UMKM, khususnya member ukmindonesia.id.

Acara ini akan dibuka langsung oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM RI, Prof. Rully Indrawan, dan selanjutnya sesi seminar dipimpin oleh Project Leader ukmindonesia.id - Ibu Dewi Meisari Haryanti, bersama dengan beberapa pembicara penyedia solusi digital dari perusahaan-perusahaan mumpuni, diantaranya:

·Rusli Moningka, Head Direct Sales, SME - XL Business Solution – tentang paket komunikasi hemat untuk memperlancar komunikasi internal tim dan komunikasi eksternal dengan konsumen atau mitra bisnis. Dengan menunjukkan Sertifikat Register UMKM dari Kemenkop UKM RI, member ukmindonesia.id akan dapat mengakses berbagai paket data/sinyal dari XL Business Solution yang harganya menjadi jauh lebih murah daripada paket-paket individu.

·Even Alex, Head of Government Relation, Bukalapak – tentang solusi kemudahan perdagangan internasional (BukaGlobal) yang dapat diakses UMKM untuk ekspor dan go internasional. Bukalapak akan menyediakan pelatih untuk member ukmindonesia.id yang ingin tahu lebih tahu mengenai teknik berjualan online di marketplace Bukalapak, khususnya yang ingin menjual ke luar negeri melalui fitur BukaGlobal.

·Presthysa Lestari, Senior Manager Government Relation, Gojek – tentang solusi promosi dan transaksi untuk UMKM, dan program pelatihan yang disediakan perusahaan untuk membantu UMKM Go Digital. Mirip seperti Bukalapak, Gojek juga akan mendukung kebutuhan pelatihan member ukmindonesia yang ingin mengadopsi teknologi digital untuk melayani konsumennya.

·Willy Apriando, Vice President, Head of Digital Marketing - Bank DBS Indonesia – tentang solusi rekening digital yang tanpa biaya administrasi, bebas biaya transfer antar bank, dan menawarkan berbagai kemudahan bagi UMKM, khususnya untuk memisahkan rekening pribadi dengan rekening usaha. Kerjasama DBS dengan ukmindonesia.id telah diwujudkan dengan Kode Promo DIGIUKM, dimana setiap member yang menggunakan kode promo tersebut pada saat unduh aplikasi digibank untuk membuka rekening, akan mendapatkan ekstra saldo Rp50.000 setelah melakukan aktivasi rekening dengan melakukan penyetoran Rp500.000.


Bersyukur kepada Tuhan YME, acara peluncuran awal ukmindonesia.id 4.0 berjalan lancar. Sebagai platform digital, ukmindonesia.id memposisikan diri sebagai pusat informasi, pengetahuan, dan kesempatan bagi UMKM yang ingin naik kelas; sekaligus sebagai rumah kolaborasi bagi berbagai pihak yang memiliki program/layanan untuk membantu UMKM menurunkan biaya, meningkatkan produktifitas dan kapasitas kewirausahaannya. Dengan kekuatan jaringan yang ada, semoga kehadiran kami dapat menghadirkan kesetaraan akses informasi, pengetahuan, dan kesempatan bagi semua; sekaligus dapat menurunkan upaya berbagai pihak untuk berkolaborasi demi mendukung lebih banyak lagi UMKM yang bisa naik kelas.

Bagi teman-teman pelaku UMKM yang ingin mendaftar menjadi member silakan langsung ke link https://www.ukmindonesia.id/daftar ; para pihak yang ingin menjadi mitra bisa mengirimkan pesan kepada kami melalui https://www.ukmindonesia.id/partner; dan untuk mengikuti perkembangan kegiatan dan informasi, mohon follow akun instagram kami di @ukmindonesiaid ya.

Semoga ke depan kami bisa juga menyelenggarakan acara seperti ini untuk member di daerah-daerah lain yaaa..

Yuk kita semangat dan terus optimis! Karena sekarang adalah Saatnya UKM naik kelas!!


Tanggal Pelaksanaan

Rabu, 24 Juli 2019

24 Juli 2019

Lokasi

Kementerian Koperasi Dan UKM, Jalan Haji R. Rasuna Said, RT.6/RW.7, Kuningan, Karet Kuningan, South Jakarta City, Jakarta, Indonesia

Lihat di peta

Konten Terkait

Berita

UMKM didorong Melek Digital dan Kuasai Marketplace

Jakarta - 24 Juli 2019. Setelah menjalani masa uji coba selama sekitar 6 bulan, akhirnya portal ukmindonesia.id mulai diperkenalkan ke kalangan masyarakat melalui acara soft launching ukmindonesia.id yang dikemas melalui acara Seminar dan Workshop "Cerdik Menangkap Peluang Usaha dengan Go Digital". Acara ini dapat terselenggara melalui suatu kolaborasi dunia Akademik, pemerintah (government), Bisnis (business), dan komunitas atau organisasi masyarakat sipil (community/civil society), yaitu LPEM FEB UI, Kemenkop UKM RI, XL Axiata - Digibank Bank DBS, Bukalapak, dan Gojek; serta APINDO dan beberapa komunitas mitra lainnya seperti Komunitas TDA, Fokus UMKM, LUNAS, dan Wiranesia Inkubator. Cuplikan acara ini ikut diliput oleh detik.com seperti berikut.

2019-07-28 23:43:50

Mini Seminar Teknologi Transaksi UMKM

Seminar

Gratis

Halo sahabat pendamping dan coach Wirausaha!Dalam rangka memperluas edukasi solusi digital kepada pelaku UMKM, kali ini ukmindonesia - berkolaborasi dengan FOKUS UMKM Jakarta dan Wiranesia Incubator - menyelenggarakan Mini Seminar Teknologi UMKM seputar transaksi digital.

UnionSpace, Satrio Tower Lantai 10Jakarta Selatan
2019-05-17

Mekari Conference: Powering Indonesian SMEs with Technology

Seminar

Berbayar

The Kasablanka Main Hall, Mall Kota KasablankaJakarta Selatan
2019-04-25

Bantuan Pemerintah bagi Wirausaha Pemula Tahun 2019

Pendanaan

Gratis

Dalam rangka menumbuhkan wirausaha pemula dan mendukung penciptaan lapangan pekerjaan dan penanggulangan kemiskinan, Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan bantuan berupa hibah kepada 2.500 wirausaha pemula (WP) skala mikro hingga Rp. 12.000.000 untuk masing-masing WP.

Kementrian Koperasi dan UKMJakarta Selatan
Selalu Berjalan