Kegiatan Urban Festival 2022 yang diselenggarakan di Museum Mandiri, Jakarta

Pada hari Selasa, tanggal 6 Desember 2022 telah dilaksanakan sebuah kegiatan yang memiliki hubungan erat dengan para UMKM. Kegiatan tersebut bernama “Urban Festival: UMKM Demo Day” yang berlokasi di Museum Mandiri – Kota Tua, Jakarta. Urban Festival sendiri merupakan program yang dilaksanakan oleh Rumah BUMN Bank Mandiri, sebagai salah satu wadah yang mendukung perkembangan dan kesejahteraan UMKM di seluruh wilayah Indonesia untuk ajang menemukan UMKM yang benar-benar mau berkembang secara nyata.

Dari 60 usaha yang terpilih, 30 usaha di antaranya telah melalui berbagai program pembinaan ekstensif oleh Bank Mandiri, yang berkolaborasi dengan Situ Learning dan Impact Hub Jakarta. Kemudian, dari 30 usaha tersebut akhirnya menghasilkan total 7 (tujuh) UMKM terbaik pilihan, yang dinilai dari pertumbuhan selama program dan kesiapan usaha. Kegiatan UMKM Demo Day inilah yang menjadi ajang mereka untuk mempresentasikan produk dan model usahanya kepada panelis.

Festival UMKM yang bertajuk “Facilitator Coaching Certification & UMKM Acceleration Program” ini dibuka oleh Bapak Diwangkoro A. Ratam yang menjabat sebagai Head of CSR Department Bank Mandiri. Beliau menyampaikan bahwa dari kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan UMKM yang sustainable, sebagai salah satu tujuan dari kegiatan CSR Bank Mandiri. Beliau juga berharap agar ekosistem pendukung UMKM sudah sepatutnya kuat dan tangguh, agar UMKM mampu menghadapi berbagai macam tantangan usaha.

Selain itu, Diwangkoro juga ikut mengajak seluruh tamu undangan yang hadir pada acara Urban Festival tersebut – tidak terkecuali para pelaku UMKM – agar mau terus belajar dan berkembang bersama dengan para fasilitator, melalui kegiatan coaching, mentoring, dan lainnya.

Setelah pembukaan dari Diwangkoro, acara pun dimulai dengan pemaparan dari tiap peserta UMKM untuk mempresentasikan produk usahanya di depan para panelis dan tamu undangan yang hadir. Mereka diberi waktu kurang lebih 24 menit dalam menyelesaikan presentasinya, dengan alokasi waktu 5 menit untuk presentasi, 3 menit untuk waktu tambahan, dan 16 menit tanya jawab (QnA) dengan panelis. Acara ini diselenggarakan dari pukul 9 pagi hingga 12 siang, kemudian dilanjutkan dengan makan siang dan penampilan live music dari band Lalahuta.

Daftar Peserta UMKM yang Mengikuti Urban Festival: UMKM Demo Day

Adapun untuk peserta UMKM yang hadir pada kegiatan Urban Festival: UMKM Demo Day ini, berasal dari beberapa daerah yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia. Secara garis besar, profilnya dapat dilihat pada daftar berikut ini:

  1. Arae (Produk Fashion Ecoprint): Berdomisili di Bogor, Jawa Barat. UMKM ini fokus pada sustainability usaha, serta berupaya untuk memberdayakan komunitas wanita yang bernama “Sadulur Motekar” dalam menciptakan produk terbarukan dari hasil olahan limbah tekstil.
  2. Art U Ready (Produk Kerajinan): Berdomisili di Jakarta. UMKM ini fokus pada kreativitas yang bisa digunakan dalam bentuk kerajinan/craft. Pada setiap produk yang dihasilkan oleh Art U Ready, ada seni ilustrasi di dalamnya yang merupakan jati diri dari usaha ini.
  3. Chawaty (Produk Batik): Berdomisili di Surabaya, Jawa Timur. UMKM ini fokus pada pemberdayaan masyarakat inklusif dalam produksi batiknya, ada juga produk suvenir/craft yang bisa dipesan sesuai kebutuhan.
  4. Ghidza Sasuke (Produk Pangan Frozen/Beku): Berdomisili di Gorontalo, Sulawesi Utara. UMKM ini fokus pada produk pangan olahan beku berupa nugget ayam, hasil laut berupa ikan olahan, dan lainnya.
  5. Hana Bake Goods / Hankaju Gluten Free Baked Goods (Produk Snack/Makanan Ringan Sehat): Berdomisili di Surabaya, Jawa Timur. UMKM ini fokus pada produk camilan yang sehat dan gluten-free.
  6. Mama Ana (Produk Pangan Lokal): Berdomisili di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). UMKM ini fokus pada produk kacang-kacangan dan biji-bijian yang diolah dengan bumbu alami, tanpa bahan pengawet. Selain itu, Mama Ana juga memiliki komunitas yang beranggotakan masyarakat sekitar dengan sejumlah kegiatan, salah satunya memproduksi hampers anyaman untuk produk pangan Mama Ana, agar menarik perhatian calon konsumen.
  7. Madu Wilbi (Produk Madu Hutan): Berdomisili di Pekanbaru, Riau. UMKM ini fokus pada pelestarian lebah dan ekosistem hutan yang terjaga kelestariannya, agar menghasilkan madu hutan dengan kualitas terbaik.

Presentasi UMKM yang dilakukan pada Urban Festival: UMKM Demo Day di Museum Mandiri, Jakarta

Salah satu panitia acara Urban Festival, yaitu Ibu Cynthia Satrya Hasan dari Impact Hub Jakarta mengatakan bahwa kegiatan ini perlu diapresiasi karena telah memberikan dampak yang begitu besar bagi para UMKM. “Jujur, kalau saya melihat kegiatan Urban Festival 2022 ini, mulai dari rangkaian kegiatannya hingga sampai pada saat ini, sangat terlihat sekali ya antusiasmenya dari para UMKM di seluruh Indonesia. Terlihat dari ribuan UMKM yang ikut mendaftar, kemudian mengikuti proses seleksi hingga saat ini ada 7 UMKM terpilih untuk di prospek oleh panelis.” ujarnya.

Beliau juga menuturkan UMKM tersebut diharapkan dapat lebih berkembang lagi, setelah mengikuti kegiatan Urban Festival ini. ”Hal ini dikarenakan kami ingin memprioritaskan kualitas para UMKM-nya, agar lebih baik lagi dalam mengembangkan usaha, memberikan dampak positif bagi masyarakat, serta dapat memajukan roda perekonomian Indonesia.” pungkasnya sambil tersenyum.

UMKM yang hadir pun ikut menyampaikan harapannya pada kegiatan Urban Festival ini, salah satunya adalah Indah Veny, owner sekaligus ilustrator dari Art U Ready. Ia mengaku bahwa jika menjadi pemenang pada ajang ini, Veny akan mengembangkan usahanya secara digital agar dapat menjaring calon konsumen lebih luas lagi. “Iya, saya ingin sekali mengembangkan website untuk usaha saya, karena untuk media sosial sepertinya cukup banyak pesaingnya. Melalui situs atau website, maka saya bisa memasarkan produk kerajinan saya lebih luas lagi, sekaligus membangun jaringan/networking dengan para ilustrator lainnya.” tuturnya.

Nantinya, mereka akan memperebutkan hadiah total senilai 195 juta rupiah bagi 3 (tiga) pemenang dari masing-masing UMKM yang mendapatkan nilai tertinggi dari panelis. Adapun untuk para pemenang akan diumumkan pada event berikutnya yang bertajuk “UMKM Expo Festival” yang dilaksanakan di Plaza Barat Senayan pada tanggal 11 Desember 2022 mendatang.