Vanda Kartasasmita

Apa yang membuat Sahabat Wirausaha tertarik ketika melihat iklan promosi sebuah produk? Seringkali, kita akan jauh lebih cepat tertarik dengan tampilan visualnya dibandingkan kata-kata atau jargon yang tercantum. Hal ini terjadi, karena otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Di luar kecepatan memproses gambar, otak manusia membentuk kesan pertama dalam 50 milidetik.

Baca Juga: Rekomendasi Perlengkapan dan Properti Untuk Foto Produk

Menurut penelitian, ketika seseorang memproses informasi yang dilengkapi dengan gambar yang relevan, maka 65% dari informasi tersebut akan bertahan selama tiga hari ke depan. Sementara, informasi berupa teks hanya diingat sebesar 10%. Dalam studi psikologi, perilaku ini terjadi karena manusia adalah makhluk visual, dimana proses informasi yang didapatkan akan terproses lebih cepat melalui visual, seperti video dan foto.


Toko Online dan Foto Produk

Jika Sahabat Wirausaha memiliki toko online, pasti sudah paham bahwa calon konsumen akan menggunakan aplikasi, website marketplace atau E-Commerce lainnya untuk mencari produk yang diinginkan. Selanjutnya, calon konsumen akan survey produk dengan melihat foto-foto produk. Umumnya pada tahap ini, calon konsumen tidak membaca nama produk, harga ataupun keterangan lainnya.

Apabila ada foto produk yang menarik perhatian si calon konsumen, barulah calon konsumen akan melihat harga dan detail produk di deskripsi.

Baca Juga: Tips Membuat Foto Konten yang Menarik Untuk Produk Fashion

Nah, bayangkan jika foto produk milik Sahabat Wirausaha tidak menarik dan harga tidak sesuai dengan persepsi calon konsumen terhadap brand Sahabat Wirausaha, bisa jadi calon konsumen akan langsung mengeliminasi produk tersebut dan menggeser toko online milik Sahabat Wirausaha untuk berpindah ke toko sebelah! Waduh, sayang sekali kesempatan baik berlalu begitu saja dari calon konsumen, ya?


Pentingnya Foto Untuk Sebuah Produk

Sahabat Wirausaha yang memiliki toko online harus paham bahwa visual berupa foto suatu produk memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang bisnis online. Karena definisi dari foto produk adalah foto yang menampilkan atau menonjolkan objek produk.

Ada beberapa alasan mengapa foto produk begitu penting untuk sebuah usaha, diantaranya adalah:

Baca Juga: 10 Tips Membuat Foto Konten yang Menarik Untuk Produk Makanan

  • Foto yang menarik dapat meningkatkan nilai brand produk.
  • Foto berkualitas akan memberikan nilai tambah pada produk.
  • Foto berkualitas dapat meningkatkan rate penjualan.

Jangan khawatir jika belum memiliki perlengkapan fotografi yang memadai dan jauh dari kesan profesional, karena dengan menggunakan kamera ponsel pintar saja, Sahabat Wirausaha tetap mampu menghasilkan foto produk yang menarik dan terlihat profesional, kok! Kualitas foto produk yang dihasilkan ponsel pintar bisa disandingkan dengan hasil dari kamera profesional dengan beberapa proses editing setelah pemotretan.

Apabila masih ragu untuk eksplorasi kemampuan fotografi melalui ponsel pintar, Sahabat Wirausaha dapat mengikuti kelas ponsel pintar fotografi, yang saat ini sudah banyak diadakan secara online, loh!

Foto produk yang menarik mendorong brand milik Sahabat Wirausaha bergerak searah dengan strategi teknik marketing yaitu visual marketing. Visual marketing secara garis besar adalah melakukan branding menggunakan konten visual yang meliputi foto, grafik dan video.


Tips Membuat Foto Produk Secara Profesional

Bagaimana cara menghasilkan foto produk yang menarik perhatian calon konsumen? Sahabat Wirausaha dapat mengambil jepretan foto produk yang tepat untuk meningkatkan penjualan online atau bahkan juga toko offline, dengan menyimak tips berikut ini.

1. Hasilkan Gambar Yang Tajam

Ketajaman gambar adalah penting yang utama dalam foto produk. Karena foto buram dan berpiksel mempersulit calon konsumen untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang produk hingga pada akhirnya berdampak negatif bagi calon konsumen.

Baca Juga: Jenis-Jenis Konten yang Efektif di Media Sosial

Kualitas gambar yang buruk membuat calon konsumen menganggap toko online milik Sahabat Wirausaha kurang dapat dipercaya, loh!

2. Foto Seluruh Bagian Produk

Pastikan bahwa seluruh bagian produk terlihat pada hasil foto. Posisi produk harus lurus, rata, tanpa kerutan dan memiliki ruang kosong yang cukup di sekitarnya.

Foto produk yang bersih dan rapi dengan jelas mengkomunikasikan kepada calon konsumen bahwa usaha milik Sahabat Wirausaha memiliki reputasi baik. Gunakan aplikasi untuk membantu menyempurnakan hasil foto.

3. Gunakan Pencahayaan Yang Baik

Pastikan produk terekspos dengan benar. Beberapa sumber cahaya kadang diperlukan untuk mencegah bayangan dan area gelap pada produk. Jika tidak memiliki perlengkapan lampu fotografi yang memadai, Sahabat Wirausaha dapat memotret menggunakan cahaya alami matahari di luar ruang. Pilihan lainnya, Sahabat Wirausaha dapat menggabungkan cahaya matahari dari jendela dengan cahaya di dalam ruang. Perhatikan jam terbaik memotret dengan cahaya alami yaitu di jam 9 pagi atau jam 4 sore.

Baca Juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram

4. Ukuran Foto Harus Konsisten

Pertahankan jarak yang cukup besar antara setiap produk dan perbatasan tepi bingkai, agar foto produk tidak tampak “sesak” memenuhi bingkai. Pastikan setiap foto berukuran jarak yang sama, agar ketika terpampang di etalase toko online, seluruh foto terlihat seimbang dan konsisten.

5. Posisi Foto Produk Harus Sama

Tempatkan produk di tengah bingkai dan selalu tempatkan foto produk dari sudut dan posisi yang sama. Ini membangun karakter yang menjadi ciri khas pada toko online milik Sahabat Wirausaha.

6. Gunakan Latar Belakang Putih

Pastikan latar belakang produk yang akan difoto polos atau berwarna putih. Warna putih membuat foto produk terlihat menonjol, lebih mudah untuk diedit dan lebih fleksibel untuk masuk ke E-Commerce. Simpan foto dalam format .png, format ini merupakan satu-satunya jenis file gambar yang mendukung latar belakang transparan.

Baca Juga: Membuat Konten Interaktif Dengan Mengoptimalkan Fitur Instagram dan Facebook

7. Tambahkan Refleksi

Sahabat Wirausaha dapat menambahkan refleksi pada produk untuk memberikan tampilan yang mewah dan menambah kedalaman pada foto. Bisa hanya dengan menggunakan cermin kecil, asalkan dapat memberikan pantulan refleksi yang pas pada produk.

8. Menampilkan Lebih Dari Satu Angle per Produk

Pikirkan bahwa calon konsumen ingin melihat produk dari sudut yang berbeda, close-up detail produk dan melihat bagaimana perbandingan pada manusia atau benda lain. Hal ini menjadi informasi yang penting karena calon konsumen online tidak memiliki pengalaman berbelanja yang sama dengan pelanggan ritel yang lebih mudah menyentuh dan mencoba produk.

9. Tampilkan Setiap Warna atau Varian Produk

Sahabat Wirausaha harus memastikan untuk membuat foto setiap warna produk yang dijual, jika produk tersebut memiliki lebih dari satu varian warna atau produk.

10. Beri Watermark pada Gambar

Jangan lupa untuk memberi watermark pada foto produk untuk mencegah orang yang menjual produk yang sama (atau serupa) menggunakan foto milik Sahabat Wirausaha.

Buat watermark terpisah dari obyek foto, tetapi tetap terlihat jelas. Watermark mampu mengamankan aset foto produk karya Sahabat Wirausaha.

Baca Juga: Memperkuat Konten dengan Tagar dan Kata Kunci yang Tepat

Foto Menarik = Loyal Customer Semakin Banyak

Kepercayaan pelanggan biasanya akan timbul apabila konsumen sudah pernah menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Kepercayaan konsumen tentu tidak diperoleh dengan cuma-cuma atau turun dari langit, loh! Biasanya konsumen yang loyal, datang karena mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari brand milik Sahabat Wirausaha. Menjaga tampilan foto produk yang kualitasnya sama dengan produk asli, akan membuat konsumen senang dan juga mendapatkan better experience karena telah memilih produk yang sesuai seperti yang dilihat di online shop. Hal ini dapat membuat konsumen Sahabat Wirausaha terbentuk sebagai loyal customer.

Yuk, segera tingkatkan kualitas foto produk Sahabat Wirausaha! Sahabat Wirausaha akan merasakan dampak baik dari foto produk yang dibuat serius dengan hasil yang optimal. Selamat memotret, Sahabat!

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Konten di Ruang Digital Kita Dengan 3S: Saring Sebelum Sharing

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://www.jurnal.id
  2. https://blog.storecamera.io
  3. https://kasirpintar.co.id