Berkembangnya teknologi digital sekarang ini melahirkan banyak platform e-commerce dan marketplace yang memungkinkan pelaku usaha untuk menjual produknya secara online. Sebut saja Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora, dan Blibli yang menyediakan fasilitas bagi para pelaku usaha, termasuk bisnis UKM untuk berjualan secara gratis. Kemudahan dan kepraktisan transaksi jual beli secara online di marketplace membuka peluang bagi pelaku UKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Bicara tentang menjalankan bisnis UKM secara online, pernahkah Sahabat Wirausaha mendapatkan keluhan dari konsumen karena pengiriman barang yang lama, barang diterima dalam kondisi rusak, dan barang hilang sebagian atau keseluruhan saat proses pengiriman? Jika tidak segera diatasi, masalah pengiriman barang ini bisa menghancurkan bisnis kita, karena konsumen yang kecewa tidak akan segan untuk beralih ke pesaing kita. Sebenarnya keluhan konsumen tersebut dapat diminimalisir bahkan dihindari, apabila kita mampu memilih jasa kirim yang tepat. Dari sekian banyak jasa kirim yang ada, bagaimana caranya memilih yang tepat, padahal hampir semuanya menjanjikan pengiriman tepat waktu dan barang aman sampai tujuan?

Baca Juga : Seputar Cash on Delivery (COD) yang Wajib UMKM Tahu


Manfaat jasa kirim barang

Sebagai pelaku usaha, kita tentu setuju bahwa bisnis UKM terbantu dengan adanya layanan atau jasa pengiriman yang dapat menjangkau berbagai wilayah, bahkan ke pelosok negeri. Harus diakui bahwa hadirnya jasa pengiriman barang, apalagi di era digital seperti sekarang ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

  • Efisiensi waktu

Dalam bisnis, waktu adalah uang. Kita tentu tidak ingin menghabiskan waktu untuk mengirimkan sendiri barang pesanan kepada konsumen, karena kita bisa memanfaatkan jasa kirim yang kredibel. Sementara urusan pengiriman barang diserahkan ke jasa kirim, kita bisa melakukan aktivitas lain yang dapat meningkatkan omzet penjualan.

Baca Juga: Economies of Scale

  • Dapat mengirim barang sesuai kebutuhan

Dengan menggunakan jasa kirim, kita bisa mengirimkan barang tanpa batasan minimal. Artinya, kita bisa mengirimkan barang sesuai dengan kebutuhan. Berapa pun unit barang yang dipesan konsumen, bisa langsung dikirimkan, tanpa perlu menunggu terpenuhinya kuota pengiriman.

  • Keamanan barang terjamin

Jasa kirim menjamin keamanan barang yang dikirimkan. Artinya, jasa kirim dapat memberi kepastian bahwa barang akan aman sampai ke tangan konsumen. Jadi, kita tak perlu khawatir barang hilang atau rusak selama proses pengiriman berjalan. Sebab pihak jasa kirim memberikan jaminan asuransi untuk meng-cover risiko yang mungkin timbul selama proses pengiriman.


Peran penting jasa kirim bagi UKM di era digital

Tahukah Sahabat Wirausaha bahwa salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis UKM adalah ketersediaan transportasi. Kelancaran distribusi barang akan berpengaruh terhadap kelancaran bisnis. Sayangnya, tak semua pelaku usaha mampu menyediakan alat transportasi sendiri, sehingga harus mengandalkan jasa pengiriman barang dari pihak lain. Sebab itu, keberadaan jasa kirim memiliki peranan penting bagi bisnis UKM, karena memungkinkan kita untuk bisa mengirimkan barang kepada konsumen tepat waktu.

Baca Juga : Sukses Ekspor dengan Penggunaan Platform Digital

Semakin banyak orderan yang masuk, semakin banyak pula barang yang akan dikirimkan kepada konsumen. Bagaimana kita mengorganisasikannya? Tentu kita akan kesulitan untuk drop off barang dalam jumlah banyak ke drop point jasa pengiriman, karena membutuhkan transportasi untuk mengangkutnya. Beruntung ada banyak jasa pengiriman yang menyediakan layanan pick up atau penjemputan barang ke tempat kita. Dengan demikian, kita bisa mengatur waktu secara lebih efisien untuk mengurus pengiriman barang.


Tips memilih jasa kirim yang tepat

Sahabat Wirausaha, kita menyadari betul bahwa kelancaran arus distribusi dan pengiriman barang sangatlah penting bagi bisnis UKM yang kita jalankan. Maka dari itu, memilih jasa kirim yang tepat juga akan ikut andil dalam menentukan kesuksesan bisnis kita di masa depan. Dengan jasa kirim yang tepat, barang dapat dikirimkan dengan cepat dan tepat waktu, aman dari kehilangan dan kerusakan, dan pastinya ongkos kirim yang ramah di kantong. Ketika jasa kirim yang dipilih mampu mewujudkan hal-hal tersebut, konsumen kita akan merasa puas, sehingga tingkat komplain dapat diminimalisir bahkan dihindari. Dan asyiknya lagi, konsumen tidak akan segan untuk melakukan repeat order atau memesan barang kembali pada kita.

Lantas, bagaimana cara memilih jasa pengiriman yang telah untuk bisnis UKM yang kita jalankan? Untuk memilih jasa pengiriman yang tepat, kita harus memperhatikan baik-baik beberapa hal berikut ini.

1. Legalitas perusahaan

Siapa sih yang mau menggunakan jasa kirim abal-abal, yang tidak jelas identitasnya? Akan sangat berisiko apabila kita kurang selektif dalam memilih perusahaan jasa kirim. Saat menyeleksi dan memilih jasa kirim, kita harus memastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki legalitas hukum, artinya operasional mereka berjalan secara legal. Dengan legalitas yang jelas, kita bisa menilai bahwa perusahaan jasa kirim tersebut kredibel. Selain itu, kita juga harus memastikan perusahaan jasa kirim tersebut berlokasi di alamat yang jelas, baik kantor pusat maupun cabang atau agennya, sehingga bukan fiktif.

Baca Juga : Fakta Kepatuhan Legalitas Pada UMKM di Indonesia

2. Memiliki SOP pengiriman yang jelas dan terpercaya

Kita harus memastikan bahwa perusahaan jasa kirim memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang jelas. Sebab, SOP merupakan cerminan bahwa proses kerja di perusahaan jasa kirim telah dilakukan sesuai dengan instruksi dan aturan yang ditetapkan, untuk mencapai efisiensi, kualitas kinerja, serta meminimalisir miskomunikasi dan kegagalan.

Perusahaan jasa kirim yang memiliki SOP jelas biasanya telah menyiapkan langkah-langkah kerja secara matang, mulai dari penjemputan barang, handling di gudang, hingga barang dikirim ke konsumen. Adanya SOP yang jelas menjadi salah satu indikator untuk mengetahui baik tidaknya track record perusahaan jasa kirim tersebut dalam menjalankan pekerjaannya, kredibel atau tidak. Kita bisa mengetahui track record dari perusahaan jasa kirim dengan bertanya kepada sesama pelaku usaha yang pernah menggunakan jasa kirim tersebut. Selain itu, kita juga bisa browsing di internet untuk mencari informasi terkait dengan keluhan pelanggan terhadap perusahaan jasa kirim yang bersangkutan.

Baca Juga : Standar Operasional Prosedur (SOP)

3. Memiliki jangkauan pengiriman yang luas

Umumnya perusahaan jasa pengiriman yang memiliki jangkauan luas ke berbagai daerah bahkan pelosok negeri lebih siap dengan layanannya. Artinya mereka telah memiliki tim kerja yang solid dan koordinasi yang baik antar-cabang atau agen di berbagai wilayah operasionalnya. Jangkauan layanan kirim yang luas secara otomatis akan memberikan peluang bagi bisnis UKM kita. Jika sebelumnya kita hanya melayani konsumen dari daerah tertentu saja, misal seputar Jabodetabek dan pulau Jawa, maka sekarang kita bisa menerima orderan dari daerah-daerah lain karena jasa kirim yang kita pilih memungkinkan untuk melakukan pengiriman barang ke sana.

4. Tarif yang kompetitif

Sebagai pelaku bisnis UKM, kita tahu bahwa ongkos kirim menjadi faktor penting yang dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Tak sedikit konsumen yag mengurungkan niatnya membeli barang pada kita, karena ongkos kirimnya dirasa terlalu mahal. Oleh sebab itu, kita perlu mempertimbangkan ongkos kirim sebelum memilih jasa kirim yang tepat. Kita harus pastikan bahwa jasa kirim yang dipilih memilih tarif yang kompetitif, sehingga tidak memberatkan konsumen. Kita juga bisa menyediakan beberapa opsi jasa kirim dengan ongkos kirim yang bervariasi, agar konsumen bisa memilih sesuai dengan budget mereka.

5. Memiliki banyak pilihan layanan pengiriman

Dalam upaya memenuhi orderan dari konsumen, tak jarang kita menghadapi cukup banyak kendala, seperti kehabisan bahan baku, kerusakan mesin produksi, dan lain sebagainya. Akibatnya, pesanan tidak bisa diselesaikan tepat waktu. Agar tidak menimbulkan kekecewaan konsumen yang semakin dalam, kita harus cekatan dalam mengatur pengiriman agar secepatnya bisa sampai ke tangan konsumen. Caranya adalah dengan memilih jasa pengiriman yang memiliki banyak jenis layanan pengiriman, seperti same day, express, reguler, Cash on Delivery (COD), dan paket ECO (ekonomis). Jenis layanan pengiriman ini memungkinkan kita selaku pelaku usaha sekaligus konsumen untuk memilih jenis layanan pengiriman sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Online Berbasis Jasa

6. Cepat dan tanggap dalam menerima aduan

Perlu diketahui bahwa dalam proses pengiriman barang ke konsumen pun tak lepas dari masalah. Sebut saja, pengiriman yang lama sehingga tidak sampai tepat waktu, barang hilang atau rusak, kurir tidak sopan, dan lain sebagainya. Ada saja hal-hal yang bisa dikeluhkan oleh konsumen. Terkait dengan hal itu, kita harus memastikan bahwa jasa kirim yang dipilih mendukung kepentingan konsumen. Artinya mereka menyediakan layanan konsumen (customer care) yang secara cepat dan tanggap dalam menerima aduan.

Jangan sampai keluhan konsumen terkait dengan pengiriman barang dibiarkan begitu saja, tanpa ada penyelesaian. Sebab, hal tersebut dapat memperburuk citra bisnis kita di mata konsumen, sehingga mereka tak segan untuk memberikan penilaian (rating) yang buruk, dan enggan untuk melakukan pembelian ulang. Sebaliknya, apabila kita merespon setiap keluhan konsumen dengan baik dan membantu menjembatani mereka dengan pihak jasa kirim, maka langkah ini akan memberi memberi poin plus bagi bisnis kita ke depannya.

Pelaku bisnis UKM tak semuanya mampu menyediakan alat transportasi sendiri untuk kepentingan pengiriman barang ke konsumen, sehingga mengandalkan jasa kirim dari pihak ketiga. Layanan jasa kirim yang marak saat ini menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM, terutama yang menjalankan bisnis berbasis online. Namun, untuk memilih jasa kirim jangan hanya berdasarkan tarifnya yang murah, tetapi juga harus mempertimbangkan aspek lainnya seperti legalitas perusahaan, adanya SOP, jaminan keamanan barang, jangkauan area pengiriman yang luas, serta cepat dan tanggap menerima aduan. Sebab, pemilihan jasa kirim yang tepat menjadi salah satu kunci sukses bisnis UKM di masa depan.

Referensi:

  1. Jalankan Bisnis Online, Ini Tips Pilih Jasa Pengiriman Barang agar Usaha Semakin Berkembang
  2. 5 Tips Memilih Jasa Logistik bagi Pebisnis Online

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.