Sekarang ini, Sahabat Wirausaha dapat memanfaatkan Instagram untuk melakukan branding hingga menjual barang ke berbagai tempat. Melalui aplikasi ini pula kita dapat memasarkan produk dengan peluang yang jauh lebih luas jika dibandingkan pasar offline. Pasalnya, jangkauan Instagram di dunia maya tidak lekang oleh ruang dan waktu sehingga tindakan marketing yang kita lakukan kepada target sasaran penjualan dengan lebih spesifik dan sesuai keinginan.

Baca Juga : Mengoptimalkan Instagram Untuk Berbisnis

Nah, jika target audience kita banyak berinteraksi di Instagram, kita bisa dengan mudah memanfaatkan fitur Instagram Ads. Melalui cara ini, akun bisnis bisa menjangkau calon-calon customer yang mempunyai minat terhadap produk yang kita jual. Bagaimana cara yang tepat untuk beriklan lewat Instagram Ads? Simak tips lengkapnya berikut ini.


Mengapa Harus Beriklan Di Instagram?

Pengguna Instagram di Indonesia kini menempati posisi keempat sebagai pengguna Instagram terbanyak di seluruh dunia. Hingga Oktober 2021 pengguna Instagram di Indonesia mencapai 91 juta pengguna. Rata-rata pengguna aktif Instagram ialah mereka yang berusia 18-24 tahun dengan total penggunanya menyampai 33 juta pengguna serta didominasi oleh perempuan sebanyak 19,8% sementara laki-laki sebanyak 17,5%.

Platform Tech In Asia menginformasikan sebanyak 45% pengguna Instagram Indonesia mengaku sering melakukan transaksi pembelian di Instagram yang mereka temui. Dengan adanya data ini melakukan penjual di Instagram tentu sangat bermanfaat sekali untuk perkembangan bisnis Sahabat Wirausaha, terlebih bagi Sahabat Wiarusaha yang melakukan tindakan Instagram Ads selain akan meningkatkan omset, eksistensi produk Sahabat Wirausaha juga akan meningkat dan bukan tidak mungkin akan melekat dihati calon customer dan berakhir dengan pejualan serta repeat order tergantung kualitas produk yang Sahabat Wirausaha berikan.

Baca Juga : Fitur-Fitur Instagram Yang Bermanfaat Bagi Bisnis

2021-11-29 12:04:02.632000

Sumber: Niagahoster.co.id


Lalu Apa itu Instagram Ads?

Setelah mempelajari beberapa informasi mengenai Instagram Ads, sebeneranya apa sih Instagram Ads itu?. Instagram Ads ialah platfrom iklan di media sosial Instagram. Layaknya iklan di tv kini Sahabat Wirausaha juga bisa melakukan iklan di sosial media seperti Instagram sesuai dengan request Sahabat Wirausaha. Sahabat Wirausaha dapat membuat iklan melalui Instagram Feed dan Instagram Story dengan platform ini. Jika Sahabat Wirausaha sudah familiar bahkan sudah mencoba beriklan di Facebook Ads pasti Sahabat Wirausaha akan menguasai Instagram Ads dengan mudah karena sejak Instagram dibeli oleh Facebook pada 2012 platform iklan kedua sosial media ini disatukan dibawaha Facebook Ads Manager. Jadi langkah-langkah pembuatan Instagram Ads hampir mirip dengan pengaturan iklan di Facebook Ads.

Baca juga: Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing

Sama seperti syarat melakukan iklan di Facebook Ads, Sahabat Wirausaha juga diwajibkan untuk memiliki Halaman Facebook atau Facebook Page untuk dapat melakukan tindakan iklan di Instagram Ads. Apabila Sahabat Wirausaha membutuhkan informasi terkait langkah-langkah beriklan di Instagram Ads yuk simak penjabaran dibawah ini.


Bagaimana Cara Beriklan di Instagram Ads?

Sebelum melakukan tindakan Ads untuk meningkatkan penjualan wajib hukumnya bagi Sahabat Wirausaha untuk mengetahui cara beriklan melalui platform Instagram Ads. Namun langkah yang paling awal untuk melakukan Ads ialah merubah Instagram Pribadi Sahabat Wirausaha menjadi Instagram Bisnis agar proses pengelolaan iklan menjadi lebih mudah. Berikut langkah-langkah melakukan Instagram Ads yang lebih mudah:

Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram

1. Pastikan Akun Instagram terhubung dengan Facebook Page

Langkah awal untuk melakukan iklan di Instagram Ads ialah menghubungkan akun Instagram Bisnis dengan Facebook Page. Untuk memastikan keterhubungan keduanya Sahabag Wirausaha dapat melihat contoh berikut:

  1. Klik “Edit Profil” untuk melihat keterhubungan Instagram Bisnis dan Facebook Page (gambar kiri)
  2. Setelah mengklik “Edit Profile” silahkan Sahabat Wirausaha scroll kebawah dan lihat Bagian Informasi Bisnis Publik tepatnya pada Halaman (diberi tanda hijau). Apabila pada bagian halaman sudah ada tulisan nama Facebook Page maka Instagram Ads dan Facebook Page sudah terhubung dan jika belum terdapat tulisan maka kedua belum tehubung, silahkan Sahabat Wirausaha klik pada bagian Halaman dan ikuti step-stepnya untuk menghubungkan Instagram Ads dengan Facebook Ads.

/private/var/mobile/Containers/Data/Application/4942FF84-41F2-4153-B24E-F400E9C3ECC1/tmp/insert_image_tmp_dir/2021-11-29 13:27:06.407000.png2021-11-29 13:27:06.407000/private/var/mobile/Containers/Data/Application/4942FF84-41F2-4153-B24E-F400E9C3ECC1/tmp/insert_image_tmp_dir/2021-11-29 13:27:15.030000.png2021-11-29 13:27:15.030000 2. 2. Tentukan Story atau Feed Instagram yang Akan Diiklankan

Setelah berhasil menghubungkan Instagram Bisnis dengan Facebook Page langkah selanjutnya ialah menentukan Story atau Feed Instagram yang ingin Sahabat Wirausaha iklankan.

Setelah menentukan Story atau Feed Instagram yang ingin diiklankan silahkan Sahabat Wirausaha klik pada bagain “Promosikan” untuk Story Instagram dan “Promosikan Postingan” pada Feed Instagram.

Baca Juga : Meningkatkan Engagement Instagram Melalui IG Story


/private/var/mobile/Containers/Data/Application/4942FF84-41F2-4153-B24E-F400E9C3ECC1/tmp/insert_image_tmp_dir/2021-11-29 13:32:23.620000.png2021-11-29 13:32:23.620000/private/var/mobile/Containers/Data/Application/4942FF84-41F2-4153-B24E-F400E9C3ECC1/tmp/insert_image_tmp_dir/2021-11-29 13:37:44.214000.png2021-11-29 13:37:44.214000


3.Mulai Atur Target Iklan

Setelah Sahabat Wirausaha meng-klik “Promosikan” atau “Promosikan Postingan” langkah selanjutnya ialah Sahabat Wiarusaha harus memilih satu dari tiga pilihan target iklan setelah itu klik selanjutnya. Apabila Sahabat Wirausaha masih bingung untuk memilih targer iklan yang tepat akan dijelaskan singkat sebagai berikut:

  1. Lebih Banyak Kunjungan Profil, target iklan ini bertujuan untuk mendorong calon customer Sahabat Wirausaha untuk melihat profil akun Instagram Bisnis Sahabat Wirausaha.
  2. Lebih Banyak Kunjungan Situs, target iklan ini bertujuan mengarahkan calon customer Sahabat Wirausaha untuk menuju website bisnis milik Sahabat Wirausaha jadi khusus target iklan ini Sahabat Wirausaha diwajibkan untuk memasukan URL atau Link.
  3. Pesan Lainnya, sementara untuk target iklan ini calon customer Sahabat Wirausaha akan dituntun menghubungi Sahabat Wirausaha secara langsung untuk melakukan transaksi melalu Direct Mesegger atau DM.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Paket Iklan Online yang Perlu Diketahui


2021-11-29 14:20:58.608000



4. Tentukan Target Audience

Menentukan target Audience merupakan hal terpenting dalam beriklan, disini Sahabat Wirausaha dituntut kritis untuk menentukan target audience se spesifik mungkin agar iklan lebih optimal. Dalam menentukan target audience ini pula Sahabat Wirausaha dapat memilih satu sati dua opsi, pertama “Otomatis” yakni target audience akan diatur oleh sistem Instagram Bisnis sendiri dan yang kedua “Buat Pilihan Anda Sendiri” yaitu Sahabat Wirausaha dapat memilih penargetan sesuai keinginan Sahabat Wirausaha.

Baca Juga : Beriklan Google Ads dengan efektif bagi UMKM

2021-11-29 14:48:37.628000

5. Tentukan Anggaran dan Durasi serta Jangan Lupa Isi Saldo Iklan

Dalam melakukan tindakan iklan tentunya Sahabat Wirausaha harus mengeluarkan anggaran untuk mempromosikan produk melalui Story atau Feed Instagram. Untuk beriklan di Instagram Sahabat Wirausaha dapat memulainya dari harga Rp20.000 saja sungguh terjangkau bukan, selain itu Sahabat Wirausaha juga bisa menentukan durasi iklan berlangsung minimal 1 hari, tentunya semakin tinggi harga iklan dan semakin lama durasi iklan menentukan keoptimalan iklan yang Sahabat Wirausaha buat.

Jangan lupa masukan saldo iklan. Setelah mengatur anggaran dan durasi Sahabat Wirausaha harus memasukan saldo iklan sesuai dengan anggaran dan durasi yang Sahabat Wirausaha atur, eits jangan lupa ada pajak 10% ya, laman isi saldo berasa di laman selanjutnya setelah Sahabat Wirausaha mengklik “Selanjutnya” dan terletak pada bagian “Pembayaran” klik bagian tersebut untuk dapat memasukan saldo dengan metode pembayaran yang disediakan.

Baca Juga : Membuat Konten Interaktif Dengan Mengoptimalkan Fitur Instagram dan Facebook


2021-11-29 15:08:27.5880002021-11-29 15:21:38.4700002021-11-29 15:22:52.835000


6. Siapkan Beriklan

Setelah semua pengaturan sudah Sahabat Wirausaha lakukan saatnya Sahabat Wirausaha melakukan iklan, klik “Selanjutnya” iklan sudah siap dijalankan.

2021-11-29 15:28:44.641000


Simak Tips Jitu Beriklan Untuk Optimalkan Instagram Ads!

Setelah Sahabat Wirausaha mengetahui pentingnya beriklan hingga cara beriklan yang mudah diatas Sahabat Wirausaha juga harus tahu “Tips Jitu” dalam beriklan agar lebih tepat sasaran, meningkatkan eksistensi sampai penjualan.

1. Buat Strategi Iklan

Dalam beriklan tak selalu Sahabat Wirausaha mendapati kesuksesan adakalanya iklan tidak berjalan seperti yang diharapkan, untuk meminimalisir kejadian tersebut Sahabat Wirausaha harus mempunyai stategi iklan yang bagus untuk mengoptimalkan kesuksesan beriklan. Sebelum melakukan Instagram Ads baiknya Sahabat Wirausaha menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Apa yang ingin dipromosikan?
  2. Apa yang ingin dicapai dalam beriklan, penjualan atau eksistensi?
  3. Berapa kali dalam sebulan iklan akan dijalankan?
  4. Berapa anggaran tiap kali beriklan?
  5. Bagaimana Sahabat Wirausaha mengukur tingkat keberhasilan iklan?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diataslah yang akan menentukan arah campaign yang akan Sahabat Wirausaha jalankan. Yang terpenting Sahabat Wirausaha harus menentukan metrik keberhasilan dan KPI (Key Performance Indikator) yakni pengambilan keputusan dalam mengukur serta mengevalusi pekerjaan yang telah dikerjakan sehingga nantinya Sahabat Wirausaha akan mempunya insight dan ukuran keberhasilan dalam beriklan, contohnya peningkatan 10% followers tiap beriklan.

Baca Juga : Cara Mengoptimalkan Instagram Untuk Berbisnis, Yuk Simak Tipsnya!

2. Perhatikan Tampilan Visual Iklan

Perlu diingat bahwa tujuan beriklan ialah menjangkau para calon customer yang tidak bisa Sahabat Wirausaha jangkau karena keterbatasan ruang dan waktu sehingga Sahabat Wirausaha memanfaatkan sosial media untuk menjangkau mereka. Karena proses penjangkauan ini memanfaatkan media sosial yang notabene hanya dapat ditampilkan melalui foto dan Video maka Sahabat Wirausaha haruslah memberikan visual produk/jasa yang terbaik.

Pastikan dalam beriklan Sahabat Wirausaha memberikan tampilan visual yang beresolusi HD atau minimal visual yang jernih dan tidak blur, pencahayaan yang bagus, serta penataan fotografi yang apik dan instagramable agar setiap calon customer yang melihat visual Instagram Ads tersebut langsung tertegun dan tertarik untuk mengklik iklan milik Sahabat Wirausaha.

3. Wajib Berikan Hashtag

Tips Instagram Ads selanjutnya ialah memakai hastag. Banyaknya postingan yang diupload oleh pengguna Instagram tak ayal membuat postingan Sahabat Wirausaha sulit ditemukan calon customer. Untuk meningkatkan eksistensi postingan, Sahabat Wirausaha dapat memanfaatkan hastag agar lebih mudah ditemukan oleh calon customer. Sahabat Wirausaha dapat memilih hastag yang sesuai dengan produk/jasa yang Sahabat Wirausaha tawarkan selain itu Sahabat Wirausaha juga bisa menentukan hashtag popular yang biasa dipakai pengguna lain untuk diletakan pada postingan Instagram. Penggunaan hastag ini juga akan membuat Instagram Ads yang dipasang semakin menonjol.

4. Lakukan Softselling

Seperti halnya di dunia nyata melakukan hard selling atau berjualan secara terang-terangan akan membuat calon customer malas karena mereka merasa akan dipaksa membeli produk tanpa mengetahui manfaat yang didapatkan apabila customer membeli produk/jasa tersebut. Bagitu juga dalam membuat postingan untuk beriklan calon customer juga akan malas membaca apalagi mengklik iklan yang Sahabat Wirausaha buat apabila postingan yang dilihat adalah postingan penjualan yang berisikan angka-angka. Hal ini berbeda jika Sahabat Wirausaha memberikan postingan berupa manfaat apabila calon customer membeli produk/jasa yang ditawarkan, mereka akan mengetahui manfaatnya sebelum membeli dan iklan ini akan mempengaruhi psikologi calon customer untuk membeli karena mereka ingin tahu produk/jasa yang ditawarkan.

5. Bangun Interaksi Dengan Pelanggan

Jika brand yang Sahabat Wirausaha memiliki penggemar setia terkadang mereka akan senang hati membagikan review terhadap produk/jasa yang Sahabat Wirausaha tawarkan melalui Instagram Story dan Feed. Hal ini merupakan hal yang tidak boleh disia-siakan karena akan membuat produk Sahabat Wirausaha semakin dikenal. Tak ada salahnya Sahabat Wirausaha merepost Instastory atau postingan customer agar mereka merasa lebih dekat dengan brand Sahabat Wirausaha dan semakin gencar membeli atau pun memberi review.

Tak hanya itu Sahabat Wirausaha juga harus membangun interaksi yang baik dengan customer melalui kolom komentar, banyak pemilik brand di Instagram yang membiarkan customer bertanya tanpa ada jawaban hal ini bisa membuat calon customer merasa bahwa brand ini judes dan tidak niat berjualan, akhirnya mereka memesan produk/jasa ke tempat lain dan enggan memilih brand Sahabat Wirausaha. Yuk, semangat untuk Go Digital!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Baca Juga : Menyusun Konten Untuk Membangun Kesetiaan Pelanggan (Customer Loyalty Program)