AI Bantu UMKM Naik Kelas - Halo Sahabat Wirausaha! Sepertinya, setelah mengalami masa pandemi beberapa tahun terakhir ini kita jadi semakin sering dalam menggunakan teknologi digital, ya. Mulai dari berinteraksi dengan manusia lain, melakukan kegiatan pembelajaran, hingga menjalankan bisnis atau usaha bisa dilakukan secara online di layar gawai kita.

Seiring dengan perkembangannya, kini kegiatan atau interaksi tersebut bisa dilakukan dengan komputer lho, Sahabat Wirausaha! Ya, teknologi berbasis kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang akan mewujudkan kegiatan virtual berbasis AI sesuai kebutuhan. Mulai dari mengobrol dengan karakter AI/manusia virtual, memesan produk tertentu melalui AI Employee/Chatbot, hingga berkolaborasi dengan AI dan menghasilkan suatu ide bisnis juga bisa dilakukan oleh kita saat ini. Tapi, kira-kira di mana ya kita bisa mencoba dan mempelajari teknologi canggih tersebut?

Nah, sudah waktunya kita berkenalan dengan rinna.id, salah satu perusahaan penyedia produk atau layanan Character AI di Indonesia. Selain Character AI, rinna.id juga memiliki berbagai fitur dan layanan digital lainnya yang bisa menunjang eskalasi bisnis. Wah, kira-kira seperti apa ya layanan yang ditawarkan oleh rinna.id untuk para pelaku UMKM? Yuk kita temukan jawabannya pada pembahasan berikut ini.


Latar Belakang, Sejarah, dan Awal Berdiri rinna.id

Pada awalnya, rinna didirikan pada tahun 2014 di China dengan nama Xiaoice (??). Pada saat itu, Xiaoice yang bekerja sama dengan Microsoft menawarkan layanan atau produk digital berupa AI Chatbot untuk berinteraksi dengan manusia. Kemudian, pada tahun 2017-2020 Microsoft melakukan ekspansi terhadap bisnis layanan AI ini dengan nama “rinna”, yang didirikan di Jepang dan Indonesia. Namun, pada pertengahan tahun 2020 rinna melakukan “spin off” atau sudah tidak bekerja sama lagi dengan Microsoft, dan mulai mendirikan bisnis layanan AI mereka secara independen.

Baca Juga: Mengenal Virtual Human, Teknologi AI Berwujud “Manusia” yang Mampu Menunjang Kegiatan Bisnis UMKM

Layanan dan produk AI yang ditawarkan dari perusahaan sejenis sudah marak, tetapi masih banyak orang yang belum paham mengenai manfaat atau dampak dari teknologi AI bagi kehidupan mereka. Oleh karena itu, rinna.id hadir dengan tujuan untuk membangkitkan kreativitas penggunanya dengan Karakter AI dan membuat dunia agar lebih berwarna. “Karakter” AI rinna digambarkan sebagai seorang perempuan dengan rambut panjang seperti gambar di bawah ini.

Gambar AI Character dari rinna.id


Misi rinna.id untuk Memperkenalkan AI ke Segmen Market di Indonesia

Selaras dengan tujuan di atas, dalam misinya rinna.id menawarkan berbagai solusi bisnis berupa AI Character atau karakter AI untuk segmen bisnis B2B/company, namun tidak menutup kemungkinan bisa dijangkau oleh para pelaku UMKM di Indonesia karena rinna.id juga menyediakan layanan yang affordable. Selain itu, rinna.id juga berfokus pada 3 (tiga) objectives atau tujuan tertentu dalam pemasaran produk atau layanan yang ditawarkan rinna.id, di antaranya sebagai berikut:

  1. Pemanfaatan AI untuk memudahkan kegiatan para pelaku UMKM dalam mengembangkan produknya, bahkan mampu menghasilkan kolaborasi produk buatan manusia dan teknologi AI.
  2. Pemanfaatan AI untuk analisis suatu berita atau konten yang disajikan melalui virtual human atau manusia virtual, misalnya konten tips seputar penjualan yang dibawakan oleh AI.
  3. Pemanfaatan AI chatbot (di sini rinna.id menyebutnya dengan AI Employee) untuk membantu pelaku usaha dalam kegiatan bisnis, khususnya pada layanan customer service di website atau situs yang telah ditentukan.

Adapun untuk masing-masing poin tersebut sebenarnya sudah diterapkan dalam bisnis di Indonesia oleh rinna.id. Misalnya, untuk poin pertama, rinna.id melakukan kolaborasi dengan Ria Miranda dalam pengembangan motif hijab yang memanfaatkan AI.

Baca Juga: Pemanfaatan AI Untuk Industri Kreatif, Bikin Kreasi Produk hingga Jadi Asisten Desainer!

Lalu, poin kedua yaitu virtual human dirancang untuk membuat video presentasi secara otomatis tanpa memerlukan peralatan syuting khusus, sehingga bisa menghemat biaya dan waktu. Video tersebut bisa digunakan untuk video promosi, pembelajaran materi/pelatihan, Virtual Assistant suatu bisnis, dan lainnya. Contoh penerapan virtual human dari rinna.id yang ditampilkan pada suatu situs bisnis dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Contoh tampilan Virtual Human di website ketika menyapa pelanggan.

Contoh tampilan Virtual Human di website ketika menjawab pertanyaan pelanggan.

Kemudian, untuk poin terakhir berupa AI Employee ditawarkan oleh rinna.id secara terpisah, dengan nama AIbility. Nah, kira-kira seperti apakah layanan AIbility ini? Mari kita cari tahu melalui penjelasan di bawah.


Mengenal AIbility, Layanan Customer Service Berbasis AI

Selain produk atau layanan AI Character dan Virtual Human, rinna.id juga menawarkan produk andalannya di Indonesia yang bertajuk “AIbility” yang bisa diakses di link https://aibility.ai/ ini. Layanan ini menawarkan layaknya customer service namun berbasis AI atau kecerdasan buatan, dan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan layanan AI serupa. Adapun beberapa kelebihannya yaitu:

  • Respon yang cepat dengan bahasa yang natural seperti manusia pada umumnya;
  • Jam operasional yang sangat fleksibel, kapanpun, dan dimanapun; dan
  • Dapat memberikan suggestions atau saran otomatis terhadap pertanyaan yang sering dikirimkan

Baca Juga: Mengenal Character AI, Kecerdasan Buatan yang Bisa Ngobrol Personal dengan Pelanggan

Bagi Sahabat Wirausaha yang penasaran banget terkait biayanya, tenang saja. Biaya layanan AIbility ini relatif terjangkau kok, karena layanan ini bisa kita dapatkan mulai dari sekitar Rp. 99 ribu saja per bulannya. Nantinya, tim dari AIbilty akan menyiapkan template atau panduan yang bisa diisi oleh penggunanya, untuk diproses dalam sistem AI Employee yang akan menjadi “karyawan” untuk membantu berbagai kebutuhan dari para customer atau pelanggan.

Selain AIbility, sebenarnya rinna juga memiliki layanan AI lainnya berupa AITuber, sejenis Character AI namun bisa melakukan kegiatan entertain layaknya seorang artis di platform YouTube. Contohnya seperti melakukan live streaming, bernyanyi, dan lainnya. Namun, sayangnya AITuber ini baru tersedia untuk wilayah Jepang saja. Kita tunggu saja semoga suatu saat bisa dihadirkan juga di Indonesia, ya!


Peran rinna.id dalam Mendukung UMKM di Indonesia

Sebenarnya, dari perspektif rinna Co., Ltd., layanan AI yang ditawarkan ini memiliki tujuan yang sangat mulia, yaitu untuk memperkenalkan Karakter AI sebagai “sahabat” atau “pendukung” kegiatan manusia, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan.

Alih-alih mengambil pekerjaan dan “menggantikan” manusia asli, layanan AI yang ditawarkan oleh rinna.id justru ingin membangun hubungan yang kuat manusia dan teknologi AI, melalui tugas sehari-hari yang dijalankan. Oleh karena itu, rinna.id juga terus meningkatkan kualitas komunikasinya antara manusia dengan teknologi AI, dengan pembaruan berkala seperti Natural Language Processing (NLP) agar percakapan dan bahasa yang digunakan mirip seperti manusia aslinya.

Tujuan dari model bisnis rinna.id juga sejatinya tidak lain adalah untuk mendukung perfoma dan kolaborasi bisnis, serta menghadirkan solusi yang berdampak positif dari kolaborasi tersebut secara nyata. Contohnya adalah kolaborasi rinna.id dengan bisnis hijab milik Ria Miranda yang produknya bisa menjadi best seller.

Nah, contoh ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM dalam efisiensi produksi dan meningkatkan awareness layanan AI dari rinna.id. Hal ini dibuktikan dengan hasil kolaborasi yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dalam pembuatan desain produk dan kriteria yang dibutuhkan.

Baca Juga: Memaksimalkan Jangkauan Bisnis dan Transaksi Secara Digital

Selain itu, untuk layanan virtual human juga bisa digunakan bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan agen untuk mempromosikan produk atau mengenalkan bisnisnya. Misalnya, pelaku UMKM di bidang kerajinan tangan (craft) ingin membuat konten terkait trend aksesoris terkini di media sosial, untuk menaikkan engagement dari calon konsumen yang menjadi target mereka.

Maka, daripada mencari talent untuk menjelaskan konten tersebut, kita bisa menggunakan layanan virtual human ini melalui teknologi AI dari rinna.id. Kita juga bisa memilih preset atau karakter yang sudah disediakan, agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan konten tersebut. Contohnya, jika segmentasi target usaha kerajinan tangan tersebut adalah remaja atau dewasa muda di rentang umur 18-25 tahun, maka karakter virtual human yang dipilih bisa berwujud wanita cantik dengan rambut yang rapi, namun tetap terlihat modis dengan aksesoris tertentu agar selaras dengan konten yang dibawakan.


Penutup

Terakhir, General Manager rinna.id yaitu Yugie Nugraha juga berharap agar kedepannya layanan AI yang ditawarkan rinna bisa dijangkau oleh para pelaku UMKM di Indonesia secara luas. “Besar harapan kami untuk memaksimalkan potensi dan dampak positif yang ditimbulkan dari produk UMKM yang berkolaborasi dengan rinna.id. Oleh karena itu, kami juga akan terus memperkenalkan teknologi AI ini kepada para pelaku UMKM tersebut, dan menawarkannya dengan harga yang terjangkau agar bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.” ujarnya.

Wah, sepertinya cerita inspirasi kali ini sangat menarik ya, Sahabat Wirausaha. Perjalanan dan proses panjang yang dilalui oleh rinna.id ini, mulai dari kerja sama yang dilakukan hingga menjadi perusahaan independen memberikan insight bagi kita untuk terus mengembangkan potensi dari dalam diri, agar bisa terus menghasilkan sesuatu atau layanan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sekian dahulu ya Sahabat Wirausaha, artikel cerita inspirasi dari rinna.id ini. Semoga kita bisa meniru jejak positif yang dijalani oleh rinna.id, serta bisa mendapatkan manfaat dari produk atau layanan yang ditawarkan oleh mereka. Salam sukses selalu!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://www.zdnet.com/article/microsoft-to-spin-off-its-xiaoice-chatbot-work-into-an-independent-company/
  2. https://rinna.id/press-media/rinna-introducing-aibility
  3. https://id.prnasia.com/story/86347-5.shtml
  4. https://lnkd.in/gFp3WvaW