Hingga saat ini, Facebook merupakan salah satu platform beriklan digital yang sangat ampuh. Banyak para pebisnis online yang mengandalkan Facebook sebagai salah satu strategi meningkatkan penjualannya.

Tentunya beriklan di platform besar seperti ini perlu memperhatikan metrik tertentu agar iklan Sahabat Wirausaha dapat tepat sasaran. Nah, salah satu metrik tersebut adalah Relevance Score. Namun, apa sih sebenarnya Relevance Score itu dan bagaimana cara mengetahuinya?

Baca Juga: Cara Mempromosikan Nilai Sosial Bisnis ke Konsumen


Pengertian Relevance Score

Menurut bahasa, relevance berarti relevansi, yang merupakan hal-hal yang berhubungan dengan ketertarikan, demografi, dan umur dari audiens. Dengan begitu, produk yang kamu jual bisa berpeluang lebih besar untuk terbeli oleh konsumen.

Dimana Sahabat Wirausaha bisa melihat relevance score? Untungnya, Anda bisa melihat hasil laporan periklanan langsung dari Facebook sebagai bahan evaluasi.

Baca Juga: 3 Langkah Pemanfaatan Data Untuk Mengambil Keputusan Bisnis


Bagaimana Cara Kerja Relevance Score?

Skala skor relevance score mulai dari 1 hingga 10. Semakin tinggi relevance score, maka hal tersebut akan semakin baik efeknya pada bisnis Sahabat Wirausaha. Skor ini dinilai dari hal-hal berikut :

  1. Umpan balik (feedback) audiens
  2. Tujuan iklan
  3. Jumlah penayangan video
  4. Konversi iklan
  5. Engagement rate
  6. Dll

Baca Juga: Mengenal Psikologi Konsumen Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran

Meskipun terlihat mudah, namun Anda perlu hati-hati jika iklan Anda cukup mengganggu audiens. Pasalnya, audiens tak segan-segan menyembunyikan atau melaporkan iklan Anda jika terlihat tidak pantas atau mengganggu kenyamanan mereka. Hal ini bisa mengakibatkan relevance score Anda akan turun.

Cara Melihat Relevance Score

Sumber: wordstream.com

Cara melihat skor ini sangat mudah. Sahabat Wirausaha hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut:

Baca Juga: Strategi Branding Mendapatkan Konsumen Loyal

  1. Membuka pengelola iklan (facebook ads manager)
  2. Menekan menu “campaign” dan “ad group”
  3. Setelah itu, klik “ad within the ad group”
  4. Gulir menu ke kanan dan cari kolom yang berjudul “Relevance Score”
  5. Tambahkan tab “relevance score” ke laporan iklan Anda.

Demikian penjelasan mengenai relevance score, semoga bisa memberikan informasi yang menarik bagi Sahabat Wirausaha.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Referensi:

  1. https://www.facebook.com/business/
  2. https://tinuiti.com