Hand drawn illustration of people with smartphone for marketing Free Vector

Sumber: Freepik

Pandemi Covid-19 memang menjadi tantangan besar bagi semua pelaku usaha, terutama UMKM. Tidak sedikit usaha yang akhirnya harus tutup, banting setir, atau berdiam tanpa pergerakan sambil menunggu adanya kondisi pasar. Dikutip dari portal Ekonomi Bisnis, Bank Indonesia menyampaikan bahwa ada 87,5 persen UMKM terdampak pandemi COVID-19, dimana 93,2% diantaranya terdampak negatif.

Penjualan dengan memanfaatkan teknologi digital menjadi sebuah solusi untuk bertahan. Data dari datareportal.com pada Januari 2021 menyebutkan bahwa 74% populasi di Indonesia merupakan pengguna internet. Hal ini dapat menjadi peluang bagi para pengusaha untuk dapat menawarkan dan menjual produknya melalui online digital. Namun, bagaimana usaha kita dapat sukses menjaring pembeli melalui pemasaran online?

Baca Juga: Komponen Konten Pemasaran


Marketing

Sebelum Sahabat Wirausaha mempelajari online marketing dan strategi memanfaatkannya, mari kita dalami pengertian marketing itu terlebih dahulu. Menurut Kotler & Armstrong1, pemasaran (marketing) adalah proses di mana perusahaan menciptakan nilai untuk pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya. Kata nilai yang dimaksud disini dapat kita artikan sebagai image atau citra produk Sahabat Wirausaha.

Baca Juga: Cerita Inspirasi Koperasi Inka Bantul


Online Marketing

Proses marketing yang sebelumnya dilakukan melalui kegiatan offline, misalnya dengan brosur, iklan surat kabar, baliho, spanduk, dan personal selling atau sering disebut door to door, terus berkembang dari masa ke masa. Penemuan internet menjadi tonggak perkembangan di dunia marketing dari proses offline menjadi online.

Seberapa penting melakukan marketing melalui online? Mengembangkan marketing dari offline bertambah menjadi online, dapat membantu Sahabat Wirausaha dalam berinteraksi langsung dengan konsumen dan calon konsumen, investor, pemerintah, dan organisasi terkait yang mungkin dapat berhubungan dengan barang produksi kita.

Baca Juga: Ragam Jenis Endorser dalam Pemasaran Digital

Marketing online juga merupakan upaya untuk memperoleh sarana pemasaran efektif yang murah. Apa saja kanal yang dapat kita gunakan untuk pemasaran online? Berikut platform yang dapat Sahabat Wirausaha manfaatkan:

1. Media Sosial

Semua Sahabat UKM pasti mengenal istilah media sosial. Media sosial adalah wadah untuk setiap orang dapat bersosialisasi dengan teknologi digital. Saat ini media sosial yang populer antara lain Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter, dan bukan tidak mungkin akan terus berkembang.

Dari data tabel di atas Sahabat UKM dapat memilih sosial media mana yang populer digunakan, hal ini menjadi faktor keberhasilan online marketing yang dilakukan. Pemilihan kanal media sosial untuk melakukan online marketing tidak hanya bertujuan untuk melihat kanal mana yang paling populer digunakan masyarakat, tetapi juga melihat secara lebih spesifik kanal media sosial mana yang digunakan oleh konsumen dan calon konsumen dari Sahabat Wirausaha.

Baca Juga: Menentukan Strategi Pemasaran di Media Sosial Melalui Audit Performa Akun

2. Email Blast (Pengiriman Email)

Pengiriman email atau sering disebut email blast adalah salah satu jalur yang dapat dilakukan Sahabat Wirausaha. Hal ini dapat menjadi cara efektif untuk terus berkomunikasi dengan pelanggan yang telah datang ke toko atau restoran Sahabat Wirausaha. Dengan mengumpulkan data dari konsumen, Sahabat Wirausaha dapat terus berkomunikasi dengan pelanggan, baik melalui whatsapp ataupun email.

3. Website

Membuat website usaha adalah salah satu cara dalam melakukan online marketing dalam penyajian yang lengkap, sehingga Sahabat Wirausaha dapat dengan bebas menaruh produk sesuai nilai yang ingin disampaikan. Pengoptimalan website yang efektif, dapat dilakukan melalui iklan berbayar dan optimalisasi organik. Maksud dari organik adalah dengan secara rutin menyajikan konten yang dibutuhkan konsumen, sehingga menjadi pilihan utama ketika masuk dalam mesin pencarian google.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Google Adsense?

4. Influencer Marketing

Pemakaian influencer yang memiliki followers tinggi di media sosial dapat menjadi jalur marketing online. Influencer yang memiliki pengikut banyak dan sesuai dengan target market kita, dapat membantu produk Sahabat Wirausaha untuk lebih cepat dikenal dan dipercaya oleh masyarakat.

5. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah cara untuk melakukan pemasaran lebih masif melalui kanal sosial media dari mitra Sahabat Wirausaha. Kita sebagai produsen dapat mencari mitra pemasaran melalui kerjasama reseller atau dropship.

***

Sahabat Wirausaha, itulah berbagai kanal pemasaran online yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk. Yuk, manfaatkan kanal-kanal digital itu agar produk Sahabat Wirausaha semakin dikenal konsumen.