Sahabat Wirausaha pasti punya akun-akun media sosial untuk mendukung usaha, bukan? Salah satunya adalah Instagram, yaitu sosial media berbasis gambar yang memberikan layanan berbagi foto atau video secara online. Pada aplikasi Instagram, memungkinkan kita sebagai pengguna untuk mengunggah foto dan video ke dalam feed yang dapat diedit dengan berbagai filter dan diatur dengan tag dan informasi lokasi.

Baca Juga : Fitur-Fitur Instagram Yang Bermanfaat Bagi Bisnis

Menurut statistik, media sosial Instagram memiliki pengguna aktif bulanan lebih dari 600 juta dengan tingkat keterlibatan tertinggi apabila dibandingkan dengan platform media lain.

Kira-kira sudah sejauh apa Sahabat Wirausaha mengoptimalkan penggunaan Instagram dalam meningkatkan engagement selama ini? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh Sahabat Wirausaha. Yuk, simak!


Apa Itu Engagement Rate?

Engagement rate adalah metriks dasar yang digunakan dalam pemasaran media sosial untuk mengukur kinerja sebuah konten pada platform media sosial. Sedangkan untuk engagement Instagram bisa dilihat dan diukur dari interaksi di akun Instagram berupa likes, comment, share, views, dan repost.

Baca Juga : Mengoptimalkan Instagram Untuk Berbisnis

Ada banyak cara untuk meningkatkannya yaitu dengan membuat konten yang sesuai dengan brand dari usaha Sahabat Wirausaha dan harapannya bisa lebih banyak orang yang melihat konten tersebut. Tidak hanya followers yang dimiliki tetapi pengguna yang lebih luas melalui fitur explore.


Bagaimana IG Story Dapat Meningkatkan Engagement?

Instagram Story atau IG Story memberikan banyak keuntungan bagi akun bisnis Sahabat Wirausaha. Hal ini tidak terlepas dari orang yang lebih senang melihat IG Story daripada konten. Menyajikan konten IG Story juga bisa membangun hubungan yang baik antara merek dan audiens.

Baca juga: Tips Beriklan di Instagram Ads

Pada IG Story Sahabat Wirausaha dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang sudah tersedia untuk menaikan engagement, loh! Berikut ini beberapa fitur yang bisa Sahabat Wirausaha gunakan untuk menaikan engagement.

1. Poll stickers

Fitur IG story pertama yang bisa Sahabat Wirausaha manfaatkan untuk menaikan engagement adalah poll stickers. Penggunaanya juga cukup sederhana, Sahabat Wirausaha diminta untuk membuat polling yang nantinya akan dipilih oleh audiens Sahabat Wirausaha.

Ini adalah cara yang membuat para audiens merasa dilibatkan secara personal. Disisi lain juga Sahabat Wirausaha dapat mengetahui apa yang sebenarnya audiens suka dan harapkan.

Baca Juga : Tips Membuat Jadwal Konten di Media Sosial

2. Emoji slider stickers

Salah satu fitur IG Story yang menarik adalah emoji slider stickers. Dengan fitur ini audiens bisa memberikan tanggapan seberapa sukakah mereka dengan konten yang Sahabat Wirausaha suguhkan.

3. Question stickers

Sejak diluncurkan pertama kali, fitur satu ini langsung populer. Dan bagi sebuah merek, fitur satu ini adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan interaksi dua arah untuk mendapatkan berbagai masukan dari produk/jasa yang Sahabat Wirausaha tawarkan.

Fitur ini juga memungkinkan audiens untuk menyampaikan tanggapan dan pengalaman mereka tentang produk/jasa.

Baca Juga : Menyusun Konten Untuk Membangun Kesetiaan Pelanggan (Customer Loyalty Program)

4. Quiz stickers

Fitur yang satu ini menghadirkan banyak kegunaan untuk Sahabat Wirausaha. Sahabat Wirausaha dapat memanfaatkannya sebagai brand story atau juga detail seputar produk. Penggunaanya dapat memberikan penanaman nilai tentang produk kepada audiens.

5. Chat stickers

Dengan chat stickers, Sahabat Wirausaha dapat membuat forum diskusi yang berisikan maksimal 32 partisipan. Dengan fitur ini, kita dapat membangun percakapan yang nanti bisa kita terapkan untuk bisnis kita.

6. Product stickers

Ini adalah fitur IG Story yang bisa mendorong penjualan melalui IG Story. Lewat stiker ini Sahabat Wirausaha bisa menandai produk yang spesifik dalam story yang Sahabat Wirausaha unggah. Stiker ini dapat menjadi cara efektif untuk mendorong audiens membeli produk milik Sahabat Wirausaha.

Baca Juga : Menjaga Kesehatan Konten di Ruang Digital Kita Dengan 3S: Saring Sebelum Sharing

7. Countdown stickers

Fungsi stickers yang satu ini bisa Sahabat Wirausaha gunakan untuk membangun hype di antara para pengguna. Ini sangat cocok Sahabat Wirausaha gunakan ketika ingin launching produk. Dan ini juga bisa Sahabat Wirausaha dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk.


Cara Lain Tingkatkan Engagement Instagram

Selain mengoptimalkan fitur-fitur IG Story, ada beberapa cara yang mendukung meningkatkan engagement IG Story Sahabat Wirausaha, loh!

1. Gunakan ciri khas sendiri

Sahabat Wirausaha harus mempunyai ciri khas tersendiri. Tentunya ini tidak hanya terpaku pada satu model, melainkan bisa bermain pada pemilihan kata hingga pemilihan warna atau sampai ke tahap jenis angle foto yang digunakan. Tidak masalah menjadi sedikit berbeda daripada akun yang lain, daripada berada di zona nyamana dengan mengikuti konsep orang lain. Kalaupun ingin mengikuti, maka gunakan metode ATM yakni Amati Tiru dan Modifikasi.

Baca Juga Membuat Konten Interaktif Dengan Mengoptimalkan Fitur Instagram dan Facebook

2. Ajak followers untuk interaksi

Karena tingkat engagement Instagram dipengaruhi oleh interaksi, maka perlu membangun interaksi antara pemilik akun dengan followers. Caranya ada banyak, misalkan dengan menanyakan bagaimana pendapat followers. Cara ini bisa dengan konten foto, video atau melalui caption yang digunakan. Atau salah satu cara sederhananya adalah melalui instastory, ceritakan sesuatu kemudian berikan challenge seperti polling hingga Q&A dan arahkan ke postingan yang ingin diramaikan. Teknik ini bisa dibilang lumayan work.

3. Tidak keliru memilih hastag

Apakah hastag berpengaruh untuk meningkatkan engagmenet instagram? Beberapa marketer mangatakan masih berpengaruh dan ada juga yang bilang tidak berpengaruh. Makanya beberapa marketer biasanya menyarankan untuk melakukan riset hastag karena penggunaan hastag dalam postingan bisa membantu meningkatkan engagement. Tetapi tetap harus memperhatikan baik dan buruknya hastag yang digunakan, hal ini untuk menjaga citra akun.

Baca Juga : 5 Aplikasi Pembuat Konten Yang Perlu UKM Miliki

4. Konsisten posting

Ini yang terkadang sulit untuk diterapkan, karena merasa bahwa satu postingan saja sepi peminat apalagi dengan banyak postingan. Padahal sebenarnya teknik ini adalah trik untuk bisa mengetahui kira-kira konten seperti apa yang paling cocok dan berpotensi untuk ramai. Jika sudah menemukan jenis atau pola postingan, maka akan lebih mudah untuk tingkatkan engagement instagram.

5. Memilih waktu posting yang tepat

Kapan tepatnya jam sibuk bagi setiap akun? Untuk hal ini, Kita bisa menentukannya sendiri. Ini bisa dilakukan uji coba dengan memposting konten di jam-jam tertentu. Tujuannya tentu untuk dianalisis nantinya. Dari insight, kita nantinya bisa mempelajari pada jam berapa followers melihat feed dan Instagram Story. Di waktu tersebut dengan insight tertinggi besar kemungkinan bisa dimanfaat sebagai salah satu jadwal posting.

Cara ini tentunya bisa disebut sebagai cara untuk menganalisis perkembangan akun isntagram. Setiap akun tentunya tidak memiliki jam sama mengenai kapan engagementnya naik.

6. Gunakan fitur reels

Fitru reels instagram ini menjadi fitur yang lumayan menjanjikan untuk mendapatkan impresi. Karena jangkauannya lumayan luas, terlebih jika lihai memilih mana musik yang akan digunakan. Dalam metode ini, kita bisa mempelajari reels seperti apa yang ramai, maka kita bisa memanfaatkan soundnya untuk membuat video.

Baca Juga : Tips Membuat Konten Reels Instragam Jadi Viral

7. Menggunakan jasa komentar

Terutama pengusaha online yang ingin meningkatkan penjualannya. Walaupun hanya mendapat 20 komen, tetapi hasil viewnya meningkat beberapa kali dari biasanya, bahkan bisa ribuan view.

Nah, Sahabat Wirausaha, dengan tumbuhnya engagement audiens yang lebih baik, konsumen juga akan tumbuh secara pesat dengan sendirinya. Jadi, melakukan pemasaran melalui media sosial dengan tepat dapat menjadi sarana paling efektif yang bisa Sahabat Wirausaha lakukan. Hal ini mengingat jumlah pengguna media sosial yang telah sangat bertumbuh di pasar saat ini.

Baca juga: Tips Beriklan di Instagram Ads

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Selamat mendongkrak audiens, ya!

Link :

https://mediaindonesia.com

https://dotnextdigital.com