Berbisnis minuman kekinian saat ini memang lagi trend. Perpaduan aneka jenis bahan seperti kopi, susu, boba, oreo, sirup, kurma, jelly, dan lainnya yang diracik dengan resep khusus menghasilkan cita rasa minuman yang lezat, dan digemari oleh banyak kalangan, terutama anak-anak muda. Popularitasnya juga tak perlu diragukan lagi, begitu pula dengan potensi pasarnya yang besar. Meski dipatok dengan harga yang cukup fantastis untuk satu cup minuman, namun faktanya tetap banyak peminatnya. Sayangnya, banyak dari minuman kekinian tersebut yang lebih mengutamakan campuran bahan dan rasa, sehingga sedikit abai dengan dampak kesehatannya.

Hal itulah yang menjadi perhatian Dinda Rosita, seorang ibu rumah tangga yang mampu melihat peluang dari fenomena bisnis minuman kekinian dengan varian yang berbeda. Dinda berkreasi dan mencoba meracik sendiri berbagai bahan baku dengan susu sehingga tercipta minuman milky jelly dan susu kurma yang dipasarkan dengan brand Jars By QQ Homemade. Bagaimana kisah perjalanan bisnisnya? Yuk simak selengkapnya di artikel Cerita Inspirasi kali ini.

Baca Juga: Membedah Pameran Domestik Untuk Makanan dan Minuman


Profil Bisnis Jars By QQ Homemade

Jars By QQ Homemade merupakan sebuah brand yang diusung oleh bisnis rumahan yang memproduksi minuman milky jelly dan susu kurma. Istilah Jars merupakan akronim dari Jajan Ala Resto, sementara QQ Homemade diambil dari nama sang putri yaitu Qianna Arcelia Aldifa, yang sering dipanggil QQ. Jadi, dari brand yang digunakan kurang lebih bermakna jajanan ala resto yang diproduksi oleh QQ.

Untuk mengakomodir selera konsumen, produk milky jelly Jars By QQ Homemade memiliki beragam varian, mulai dari oreo, regal, mango, strawberry, melon, coffee latte, coklat beng beng, milo, hingga red velvet. Semua produk dibuat dari bahan-bahan kualitas premium, tanpa pengawet dan pemanis buatan. Hal inilah yang menjadikan produk minuman kekinian ala Jars By QQ Homemade tidak hanya segar tetapi juga menyehatkan.

Dari ukuran produknya sendiri, Jars By QQ Homemade menyediakan dua ukuran yakni 250 ml dan 1 liter. Jika dibandingkan dengan produk minuman kekinian lainnya, harga produk Jars By QQ Homemade jauh lebih ramah di kantong. Untuk minuman milky jelly ukuran 250 ml dibanderol dengan harga Rp 10.000 dan Rp 12.000 untuk susu kurma. Sementara untuk ukuran yang lebih besar yakni 1 liter, dihargai Rp 45.000 untuk minuman milky jelly dan Rp 50.000 untuk susu kurma. Produk yang dijual oleh Jars By QQ Homemade sebenarnya tidak hanya minuman milky jelly dan susu kurma saja, tetapi juga makanan kekinian suki yang juga buatan sendiri.

Baca Juga: Peluang Pasar: Minuman Boba


Alasan Memilih Berbisnis Minuman Milky Jelly

Banyak orang yang takut untuk memulai bisnis. Alasannya beragam, tapi yang paling umum adalah takut gagal. Padahal, tanpa disadari, hal ini justru memberi sugesti negatif pada alam bawah sadar, sehingga menghambat langkah kita untuk berkembang dan sukses. Namun, tidak begitu dengan Dinda Rosita. Setelah bekerja selama 5 tahun di Zalora, yang merupakan satu e-commerce ternama di Indonesia, Dinda memutuskan untuk resign agar bisa lebih fokus mengurus keluarga. Keputusan resign tersebut berdampak pada berkurangnya penghasilan, sehingga perekonomian keluarga dirasa jomplang alias tidak seimbang.

Untuk membantu perekonomian keluarga dan bisa tetap fokus mengurus keluarga kecilnya, Dinda kemudian berinisiatif untuk mulai berjualan minuman milky jelly. Mengapa milky jelly? Saat ini memang banyak sekali ragam minuman kekinian yang dijual di pasaran. Namun, pilihannya jatuh pada minuman milky jelly karena minuman ini berbahan dasar susu yang menyehatkan. Di samping itu, proses pembuatannya pun mudah dengan memanfaatkan bahan baku lokal berkualitas. Ide awal bisnis ini muncul ketika Dinda menonton sebuah konten di YouTube. Sebagai bisnis rumahan dengan modal terbatas, tentu ia lebih memilih untuk mengalokasikan sebagian besar modal untuk bahan baku dan kemasan. Sementara untuk produksi dapat memanfaatkan peralatan dapur yang dimiliki. Dengan modal awal sebesar 500 ribu rupiah dan didukung dengan peralatan seadanya, Dinda bertekad menekuni bisnis minuman kekinian dalam bentuk milky jelly dan susu kurma.

Baca Juga: Peluang Pasar: Minuman Jus

Di awal perjalanan bisnisnya, Dinda mencoba untuk membangun networking dengan bergabung dengan komunitas yang anggotanya merupakan peserta kursus online untuk materi suki tomyam. Nah, di sinilah istilah Jars tercipta. Secara kebetulan pula, anggota komunitas menekuni kategori bisnis yang sama, yakni minuman milky jelly, yang tentu dengan bahan baku dan resep yang berbeda. Kesamaan latar belakang bisnis ini kemudian melahirkan wadah jualan di platform Instagram dengan nama Jars (Jajanan Ala Resto).


Omzet Bisnis Jars By QQ Homemade

Bisnis Jars By QQ Homemade dimulai pada 2019, sehingga saat ini telah berjalan efektif kurang lebih selama 2 tahun. Pada awal launching produk, respon pasar cukup memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya orderan yang masuk. Sayang, merebaknya virus Covid-19 berpengaruh pada penjualan produk Jars By QQ Homemade. Orderan mengalami penurunan, sehingga mereka harus mengurangi volume produksinya. Meski demikian, Dinda terus berusaha mencari peluang.

Bisnis Jars By QQ Homemade tak selalu berjalan mulus. Bahkan pada awal tahun 2022 sempat vakum selama kurang lebih 7 bulan, karena showcase yang digunakan untuk menyimpan produk mengalami kerusakan. Selama pandemi, total omzet bisnis ini rata-rata mencapai 5 juta rupiah per bulan. Omzet ini diperoleh dari penjualan semua jenis produk, baik milky jelly, susu kurma, maupun suki instan.

Baca Juga: Mengumpulkan Data Untuk Inovasi Bisnis Kuliner

Setelah pending sekian lama, bisnis Jars By QQ Homemade kembali beroperasi dengan persiapan yang lebih matang, yakni membuka mini outlet di Jl. Pengadegan Timur II No. 20, Tebet, Pancoran, Jakarta Selatan, tepatnya di samping 212 Mart. Harapannya, outlet ini dapat mengakomodir orderan baik dari pembelian secara langsung maupun aplikasi online, sehingga omzet penjualan semakin tinggi. Dengan demikian, ke depannya bisa membuka outlet kedua, ketiga, dan seterusnya di berbagai wilayah strategis di Jakarta.


Jangkauan Pasar Jars By QQ Homemade

Segmen pasar yang dibidik oleh Jars By QQ Homemade adalah kawula muda yang berusia 18 tahun ke atas hingga ibu-ibu dan bapak-bapak muda yang telah memiliki penghasilan sendiri. Hanya saja jangkauan pemasarannya masih seputar wilayah Jabodetabek. “Untuk saat ini produk kami hanya dapat menjangkau Jabodetabek saja, karena minuman ini tidak menggunakan pengawet, maka rawan basi jika terlalu lama di suhu ruang,” ungkap Dinda.

Perlu diketahui bahwa pada suhu ruang, produk minuman milky jelly dan susu kurma mampu bertahan selama 6 – 8 jam, tergantung cuacanya. Jika disimpan di kulkas bagian bawah, ketahanannya lebih lama yakni sekitar 6 – 7 hari. Sementara penyimpanan di freezer dapat memperpanjang masa ketahanan produk hingga 1 bulan.

Baca Juga: Jenis-jenis Promosi Paling Pas Untuk Bisnis Kuliner

Sebagai bisnis rumahan, Jars By QQ Homemade menerapkan sistem produksi berkelanjutan. Artinya, produksi dilakukan setiap hari, bukan by order. Setiap hari dilakukan stock opname, sehingga dapat diketahui varian apa saja yang perlu diproduksi karena stoknya sudah menipis. “Misal stok di showcase varian mango menipis, jadi saya bikin lagi yang mango,” jelas Dinda.

Bisnis ini juga melayani pesanan dalam partai besar maupun kecil, yang produksinya akan dilakukan pada H-1. Bicara tentang produksi, dalam sehari Jars By QQ Homemade mampu memproduksi sekitar 40 – 50 botol. Sementara penjualan per hari rata-rata 20 botol.

Dinda mengungkapkan bahwa produknya mampu bersaing di pasaran, karena memang terjaga kualitasnya. Bahan baku yang digunakan berkualitas tinggi dan original, bukan bahan sintetis. Selain itu, juga tidak menggunakan pemanis buatan, pengawet, dan pewarna. Dengan demikian, produk aman dikonsumsi dan menyehatkan.

Keunggulan lain dari produk Jars By QQ Homemade yaitu adanya garansi produk. Jika konsumen menerima produk yang telah basi atau asam, maka pihak mereka akan dengan senang hati menggantinya dengan yang baru. Produk yang basi sampai ke tangan konsumen tentu bukan unsur kesengajaan, tetapi bisa saja rusak saat pengiriman. Adanya garansi produk ini diharapkan bisa menumbuhkan kepercayaan konsumen pada kualitas produk dan layanan Jars.

Baca Juga: Imago Raw Honey, Mengubah Hidup Semanis Madu


Strategi Pemasaran Jars By QQ Homemade

Bisnis minuman kekinian yang booming saat ini termasuk golongan pasar yang disebut sebagai red ocean, di mana pemain bisnisnya sangat banyak, sehingga untuk merebut pasar atau menarik konsumen dibutuhkan effort yang lebih keras. Cukup sulit, namun tetap harus dicoba agar bisnis bisa survive dan berkembang. Karenanya, Jars By QQ Homemade juga menerapkan strategi pemasaran terpadu guna menjaring konsumen baik secara offline maupun online.

1. Memanfaatkan media sosial

Platform media sosial yang marak sekarang ini seperti Instagram dan TikTok menjadi sarana yang membantu Jars By QQ Homemade dalam memasarkan produknya. Di kedua platform media sosial tersebut, brand ini menampilkan konten untuk mengenalkan produk dan mengadakan promo-promo menarik bagi pelanggan setia. Dalam lingkup online, mereka juga menjadi mitra dari beberapa platform layanan on demand seperti GrabFood, GoFood, ShoopeFood, dan Tokopedia untuk melakukan penjualan online. Adanya layanan ini memudahkan Jars By QQ Homemade untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

2. Mengikuti pameran

Tak hanya mengandalkan penjualan online, Jars By QQ Homemade juga melayani pembelian secara offline. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, mereka juga aktif mengikuti pameran yang diselenggarakan di ruang-ruang publik, seperti bazar di rusun, festival UMKM di mall, dan Eco Park.

Baca Juga: Tang Kitchen: Usaha Kuliner yang Dirintis di Usia Muda

3. Bergabung di Inotek Foundation

Sebagai pebisnis pemula, Dinda membuka diri untuk bergabung dengan Inotek Foundation. Inotek sendiri merupakan yayasan inkubator yang mendukung pengembangan usaha pemula, kecil dan menengah yang berbasis teknologi tepat guna. Di sini, Dinda banyak belajar dengan sesama pelaku UKM. Selain memperluas networking, Inotek juga membantu pemasaran bisnis Jars By QQ Homemade.

Dinda berharap langkah yang diambil dalam menjalankan bisnisnya sudah tepat, sehingga kedepannya bisnis tersebut bisa berkembang dan sukses. Meski masih banyak hal yang perlu dibenahi dan kendala yang dihadapi, namun Dinda tetap optimis bahwa bisnisnya dapat menjadi tumpuannya di masa depan. Prinsipnya, konsistensi. “Intinya konsisten, karena yang mahal itu adalah konsistensi. Terus konsisten menekuni apa yang ingin kita lakukan, insyaAllah dipermudah jalannya oleh Allah,” ujarnya dengan penuh semangat.

Melalui kisah ini, Sahabat Wirausaha bisa terinspirasi bahwa menjadi seorang pebisnis yang sukses tidak memandang gender. Bahkan status dan peran sebagai ibu rumah tangga pun bukan merupakan penghalang untuk memulai bisnis dengan omzet jutaan rupiah. Tentu akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri, ketika kita mampu memberikan manfaat bagi keluarga dan orang-orang di sekitar kita.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

Hasil wawancara dengan Dinda Rosita, owner Jars By QQ Homemade

Instagram: @qq.homemade