Sahabat Wirausaha mungkin sudah tidak asing lagi dengan Facebook. Namun, pernahkah mendengar bahwa kita juga bisa beriklan di Facebook atau yang lebih dikenal dengan Facebook Ads? Simak pembahasan berikut untuk mengetahui lebih lengkap apa itu Facebook Ads dan manfaatnya.


Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah sebuah media untuk beriklan di Facebook, dan jaringan audiensnya lebih luas serta aplikasi tambahannya seperti Whatsapp dan Instagram.

Baca Juga: Tips Beriklan di Instagram Ads

Jaringan lengkap Facebook mencakup 2,2 miliar pengguna aktif harian dan 2,8 miliar pengguna aktif bulanan. (Facebook, Audience Network, Instagram, Messenger). Secara teori, adalah mungkin untuk mencapai 37% dari populasi dunia dengan Facebook setiap bulan. Basis penggunanya menawarkan perusahaan kemungkinan yang hampir tak terbatas untuk menargetkan dan menemukan audiens inti mereka.

Facebook Ads menyediakan cara yang komprehensif dan mudah untuk menjangkau pelanggan yang berbeda di berbagai tahap saluran penjualan.

Facebook Ads adalah alat yang hemat biaya dan efisien untuk digital marketing, yang meningkatkan profitabilitas dan visibilitas perusahaan secara online.

Iklan di Facebook telah meningkat, dan perusahaan yang memanfaatkannya akan mendapatkan hasil positif dan jangka panjang.


Penargetan Facebook Ads

Manfaat paling signifikan dari Facebook Ads adalah penargetan. Dengan Facebook, Sahabat Wirausaha dapat menjangkau pelanggan yang paling menguntungkan bagimu.

Baca Juga: Pembelajaran dari Program UKM Melaju Digital Bersama Facebook

Semakin baik pemahaman yang dimiliki perusahaan tentang kelompok sasarannya, semakin baik data tersebut dapat digunakan untuk membuat kampanye yang lebih bermanfaat.

Karena sifat penargetan, Sahabat Wirausaha akan menemukan audiens yang mungkin belum pernah kamu temukan sebelumnya.

Penargetan dilakukan dengan memilih dan menggabungkan minat, usia, lokasi, bahasa, atau dengan membuat audiens khusus dari berbagai sumber data.

Dengan custom audience berbasis data, Sahabat Wirausaha dapat membuat audiens yang menggunakan data dari website kamu dan event dari iklan sebelumnya.

Contoh kemungkinan custom audience:

  • Pembelian, menambahkan produk ke keranjang, dan melihat konten
  • Leads
  • Data dari postingan Facebook sebelumnya
  • Traffic website
  • Penayangan video (Misalnya, 95% yang menonton video)

Dengan contoh peristiwa khusus ini, Facebook dapat membuat iklan penargetan ulang yang kuat, yang merupakan cara efisien untuk meningkatkan laba atas belanja iklan.

Baca Juga: Membuat Konten Interaktif Dengan Mengoptimalkan Fitur Instagram dan Facebook

Di awal kampanye, penargetan berbasis minat lebih berguna karena kurangnya data belum memungkinkan penggunaan custom audience.


Biaya dan Penganggaran Facebook Ads

Facebook Ads dibayar dengan pay per click atau per 1000 impresi (CPM – Cost per Mille).

Anggaran ditetapkan setiap hari, yang berarti Facebook akan mencoba menggunakan anggaran harian yang diberikan. Dalam beberapa kasus, Facebook akan mengeluarkan lebih banyak anggaran harian, tetapi akan menghabiskan rata-rata selama sebulan.

Campaign Budget Optimization adalah sebuah opsi, di mana Facebook akan mengoptimalkan, dan membagi penggunaan anggaran dalam sebuah kampanye untuk mendapatkan hasil terbaik untuk kampanye tersebut.

Baca Juga: Optimalisasi Facebook Untuk UMKM Melalui Facebook Ads

Bagaimana Sahabat Wirausaha? Tertarik untuk beriklan menggunakan Facebook Ads?

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

Engaio Digital