Cara Membuat Produk yang Unik, Lakukan 4 Hal Berikut!

Cara Membuat Produk yang Unik - Menciptakan produk yang kreatif belum tentu berhasil diterima dalam jangka waktu yang lama. Nyatanya, ada juga produk unik namun belum berhasil membentuk loyalitas pelanggan terhadap produk tersebut. Selain unik, produk yang berkualitas juga seringkali menjadi hal yang menarik dan menjadi pertimbangan bagi pelanggan untuk membeli produk. Selain itu, produk yang unik dan berkualitas juga dapat memberikan citra positif bagi bisnis.

Nah, karenanya Sahabat Wirausaha perlu membangun produk yang unik dan juga berkualitas. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!


Cara Membuat Produk yang Unik, Lakukan 4 Hal Berikut!

Membuat suatu produk yang unik bisa dikatakan susah-susah gampang. Mungkin Sahabat Wirausaha pernah mendengar istilah ATM atau Amati, Tiru, dan Modifikasi. Nah, hal tersebut sebenarnya cukup umum dilakukan, seperti membuat produk mirip dengan yang sudah ada namun karakteristiknya dibuat berbeda dari produk tersebut. Sehingga menciptakan produk yang baru, berbeda, khas atau kita sebut dengan unik.

Tips Desain Kemasan Untuk Menonjolkan Keunggulan Produk dan Citra Brand

Namun, menjadi unik bukan hanya berhenti di produknya saja lho, Sahabat Wirausaha. Terkadang kita hanya fokus pada bagaimana membuat produk yang unik dari fisiknya saja, entah itu bentuknya, kemasannya, rasa, wangi, kegunaan dan sebagainya.

Namun jangan salah, produk kita menjadi unik juga bisa karena hal-hal diluar dari fisik produk. Misalnya dari cara Sahabat Wirausaha menjual produk tersebut, cara menangani pelanggan, cara pemasaran, layanan pelanggan, pembaruan di masa depan atau inovasi berkelanjutan.

Tips Sukses Mengikuti Pameran dan Meningkatkan Kualitas Produk Ala Kultiva Co

Hal-hal tersebut bisa menjadi sumber keunikan yang sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan produk. Namun, bisa membuat produk Sahabat Wirausaha terlihat lebih menarik, unik dan berkualitas.

Nah, lebih detailnya, beberapa tips untuk membuat dan membangun produk Sahabat Wirausaha menjadi unik dan berkualitas adalah sebagai berikut :

1. Riset Pasar

Ada baiknya jika Sahabat Wirausaha melakukan riset pasar sebelum membuat atau memasarkan suatu produk. Jangan sampai ide unik Sahabat Wirausaha yang sudah menarik tapi ternyata tidak bisa diterima oleh pasar atau konsumen.

Nah, itulah kenapa riset ini penting karena dapat membantu Sahabat Wirausaha memahami permintaan dan penerimaan produk. Selain itu, informasi yang diperoleh dari riset pasar ini dapat digunakan untuk merampingkan, memperbaiki, mengelola sistem distribusi, produksi dan hal lainnya yang berkaitan dengan produk.

2. Peka Terhadap Konsumen

Suatu produk juga akan dikatakan unik karena memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki produk lain. Dan keunikan tersebut tentunya dapat memuaskan konsumen. Karena itulah, peka terhadap konsumen itu juga sangat penting. Misalnya dengan memperhatikan hal-hal seperti :

  1. memastikan kualitas produk yang diberikan telah sesuai dengan harapan atau kebutuhan konsumen. Ini sangat penting lho Sahabat Wirausaha, karena produk yang unik tapi tidak menjawab kebutuhan dari konsumen, itu sama saja Sahabat Wirausaha melakukan hal yang sia-sia. Alangkah baiknya jika Sahabat Wirausaha dapat membaca peluang yang ada sehingga dapat dikaitkan dengan inovasi produk. Jadi produk yang dihasilkan tidak hanya unik, melainkan menjadi solusi bagi calon konsumen yang membutuhkan.
  2. mengelola permintaan konsumen dengan baik, misalnya dengan ketersediaan stok produk yang dijaga dengan baik. Jadi saat ada permintaan, konsumen tidak akan kecewa jika stok barangnya ada.
  3. Memanfaatkan feedback atau umpan balik dari pelanggan dengan baik. Feedback dari pelanggan ini dapat memberikan kita gambaran untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas produk. Jangan salah, sekalipun itu feedback yang negatif, jangan takut dengan hal itu, karena feedback negative justru dapat menjadi informasi penting untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen yang sebenarnya.

Bagaimana UKM Dapat Memvalidasi Potensi Produk dan Peluang Pasar?

3. Mengamati Kompetitor

Fokus dengan calon konsumen itu penting. Namun tidak ada salahnya jika Sahabat Wirausaha melihat juga gerak gerik Kompetitor. Salah satunya dengan mempelajari SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) milik kompetitor dapat digunakan untuk mengevaluasi produk milik sendiri. Terutama untuk menjawab pertanyaan, apakah produk kita sudah mampu bersaing dengan kompetitor atau belum.

Nah, dengan mengamati kompetitor ini, Sahabat Wirausaha dapat memperbaiki produk sehingga lebih berkualitas dan pastinya unik. Setidaknya jika belum bisa mengungguli produk kompetitor, produk Sahabat Wirausaha memiliki kualitas yang sama. Tinggal meningkatkan pelayanan ke konsumen. Pelayanan yang baik juga bisa menjadi nilai tambah lho untuk bisnis. Itu juga bisa menjadi sumber keunikan produk atau bisnis yang dijalani.

4. Kompilasikan Data

Sahabat Wirausaha perlu menggabungkan semua yang dipelajari atau diperoleh tadi menjadi satu informasi baru yang berguna bagi proses evaluasi, perbaikan, dan inovasi bagi produk dan bisnis secara keseluruhan.

Cara Inovasi Produk yang Tepat


Manfaat Memiliki Produk yang Unik dan Berkualitas

Membangun produk yang unik dan berkualitas tentunya memberikan banyak manfaat bagi bisnis yang dijalankan. Misalnya :

  1. Produk menjadi lebih bernilai di hati konsumen. Biasanya ini terjadi ketika konsumen benar-benar dapat membedakan produk Sahabat Wirausaha dengan produk lainnya yang serupa. Dan dalam hal ini konsumen menemukan sesuatu yang unik atau khas dari produk tersebut.
  2. Memudahkan proses pemasaran. Tentu saja! Jika nilai produk telah tertanam dalam benak konsumen, maka pemasarannya menjadi lebih mudah karena konsumen sudah kenal dengan produk kita.
  3. Penjualan meningkat. Jika proses branding dan pemasaran sudah berjalan dengan baik, maka bisa meningkatkan penjualan produk.
  4. Membentuk loyalitas konsumen. Nah, pada akhirnya, suatu bisnis tidak mungkin dapat berjalan tanpa adanya konsumen. Keberadaan konsumen yang loyal sudah pasti menjadi sumber kebahagiaan terbaik bagi bisnis.

Contoh Pebisnis Dengan Keunikan Dan Kualitas Produk Yang Baik

Tepung Bumbu Bafira menjadi salah satu usaha UMKM yang terdaftar sebagai salah satu UKM pilihan dalam website UKM Juwara. Usaha ini dapat menjadi contoh bagi Sahabat Wirausaha terutama dalam membangun keunikan dan kualitas produk yang baik.

Dengan mempelajari adanya kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap tepung bumbu krispi yang dapat tahan lebih lama ketika dalam kondisi sudah dingin, Tepung Bumbu Bafira berhasil dapat menjawab keluhan konsumen dengan menciptakan produk tepung yang berbeda dan berkualitas. Usaha tersebut meksi baru berdiri sejak 2019, namun mendapatkan tempat tersendiri di hati pelanggannya karena produknya unik dan berkualitas.

Baca Juga: Lima Alasan Kenapa Budaya Inovasi Penting Bagi UMKM


Produk Unik Dan Berkualitas Menjamin Produk Dapat Bersaing Di Pasar

Ada banyak peluang untuk membuat produk yang unik, selain yang datangnya dari produk itu sendiri, keunikan produk juga bisa datang dari hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan produk. Pada intinya, menjadi unik itu bukan berarti produk akan seratus persen berhasil di pasaran. Sahabat Wirausaha juga perlu menjadikan produk tersebut berkualitas. Dengan memahami pasar, industri, produk dan peluang, Sahabat Wirausaha dapat membangun produk unik dan berkualitas yang memiliki keunggulan kompetitif di pasar.

Yuk, sudah saatnya Sahabat Wirausaha menggebrak pasar dengan produk-produk yang unik dan berkualitas! Jadilah berbeda, namun tetaplah mengutamakan produk dengan nilai solusi. Semangat!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

***
KUIS BERHADIAH!

Sahabat Wirausaha, tertarik mendapatkan saldo Gopay total senilai Rp 600.000?

Yuk, isi kuis pada tautan berikut https://bit.ly/kuisUKMID

4 orang dengan jawaban paling menarik akan mendapatkan masing-masing saldo Gopay sebesar Rp 150.000 yang akan diumumkan pada 2 Maret 2023.

Periode 25-28 Februari 2023