Cara Membuat Produk yang Unik - Menciptakan produk yang kreatif belum tentu berhasil diterima dalam jangka waktu yang lama. Nyatanya, ada juga produk unik namun belum berhasil membentuk loyalitas pelanggan terhadap produk tersebut. Selain unik, produk yang berkualitas juga seringkali menjadi hal yang menarik dan menjadi pertimbangan bagi pelanggan untuk membeli produk. Selain itu, produk yang unik dan berkualitas juga dapat memberikan citra positif bagi bisnis.
Nah, karenanya Sahabat Wirausaha perlu membangun produk yang unik dan juga berkualitas. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!
Membuat suatu produk yang unik bisa dikatakan susah-susah gampang. Mungkin Sahabat Wirausaha pernah mendengar istilah ATM atau Amati, Tiru, dan Modifikasi. Nah, hal tersebut sebenarnya cukup umum dilakukan, seperti membuat produk mirip dengan yang sudah ada namun karakteristiknya dibuat berbeda dari produk tersebut. Sehingga menciptakan produk yang baru, berbeda, khas atau kita sebut dengan unik.
Tips Desain Kemasan Untuk
Menonjolkan Keunggulan Produk dan Citra Brand
Namun, menjadi unik bukan hanya berhenti di produknya saja lho, Sahabat Wirausaha. Terkadang kita hanya fokus pada bagaimana membuat produk yang unik dari fisiknya saja, entah itu bentuknya, kemasannya, rasa, wangi, kegunaan dan sebagainya.
Namun jangan salah, produk kita menjadi unik juga bisa karena hal-hal diluar dari fisik produk. Misalnya dari cara Sahabat Wirausaha menjual produk tersebut, cara menangani pelanggan, cara pemasaran, layanan pelanggan, pembaruan di masa depan atau inovasi berkelanjutan.
Tips Sukses Mengikuti Pameran dan Meningkatkan Kualitas Produk Ala Kultiva CoHal-hal tersebut bisa menjadi sumber keunikan yang sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan produk. Namun, bisa membuat produk Sahabat Wirausaha terlihat lebih menarik, unik dan berkualitas.
Nah, lebih detailnya, beberapa tips untuk membuat dan membangun produk Sahabat Wirausaha menjadi unik dan berkualitas adalah sebagai berikut :
1. Riset Pasar
Ada baiknya jika Sahabat Wirausaha melakukan riset pasar sebelum membuat atau memasarkan suatu produk. Jangan sampai ide unik Sahabat Wirausaha yang sudah menarik tapi ternyata tidak bisa diterima oleh pasar atau konsumen.
Nah, itulah kenapa riset ini penting karena dapat membantu Sahabat Wirausaha memahami permintaan dan penerimaan produk. Selain itu, informasi yang diperoleh dari riset pasar ini dapat digunakan untuk merampingkan, memperbaiki, mengelola sistem distribusi, produksi dan hal lainnya yang berkaitan dengan produk.
2. Peka Terhadap Konsumen
Suatu produk juga akan dikatakan unik karena memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki produk lain. Dan keunikan tersebut tentunya dapat memuaskan konsumen. Karena itulah, peka terhadap konsumen itu juga sangat penting. Misalnya dengan memperhatikan hal-hal seperti :
Bagaimana UKM Dapat Memvalidasi Potensi Produk dan Peluang Pasar?
3. Mengamati Kompetitor
Fokus dengan calon konsumen itu penting. Namun tidak ada salahnya jika Sahabat Wirausaha melihat juga gerak gerik Kompetitor. Salah satunya dengan mempelajari SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) milik kompetitor dapat digunakan untuk mengevaluasi produk milik sendiri. Terutama untuk menjawab pertanyaan, apakah produk kita sudah mampu bersaing dengan kompetitor atau belum.
Nah, dengan mengamati kompetitor ini, Sahabat Wirausaha dapat memperbaiki produk sehingga lebih berkualitas dan pastinya unik. Setidaknya jika belum bisa mengungguli produk kompetitor, produk Sahabat Wirausaha memiliki kualitas yang sama. Tinggal meningkatkan pelayanan ke konsumen. Pelayanan yang baik juga bisa menjadi nilai tambah lho untuk bisnis. Itu juga bisa menjadi sumber keunikan produk atau bisnis yang dijalani.
4. Kompilasikan Data
Sahabat Wirausaha perlu menggabungkan semua yang dipelajari atau diperoleh tadi menjadi satu informasi baru yang berguna bagi proses evaluasi, perbaikan, dan inovasi bagi produk dan bisnis secara keseluruhan.
Cara Inovasi Produk yang Tepat
Membangun produk yang unik dan berkualitas tentunya memberikan banyak manfaat bagi bisnis yang dijalankan. Misalnya :
Dengan mempelajari adanya kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap tepung bumbu krispi yang dapat tahan lebih lama ketika dalam kondisi sudah dingin, Tepung Bumbu Bafira berhasil dapat menjawab keluhan konsumen dengan menciptakan produk tepung yang berbeda dan berkualitas. Usaha tersebut meksi baru berdiri sejak 2019, namun mendapatkan tempat tersendiri di hati pelanggannya karena produknya unik dan berkualitas.
Baca Juga: Lima Alasan Kenapa Budaya Inovasi Penting Bagi UMKMAda banyak peluang untuk membuat produk yang unik, selain yang datangnya dari produk itu sendiri, keunikan produk juga bisa datang dari hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan produk. Pada intinya, menjadi unik itu bukan berarti produk akan seratus persen berhasil di pasaran. Sahabat Wirausaha juga perlu menjadikan produk tersebut berkualitas. Dengan memahami pasar, industri, produk dan peluang, Sahabat Wirausaha dapat membangun produk unik dan berkualitas yang memiliki keunggulan kompetitif di pasar.
Yuk, sudah saatnya Sahabat Wirausaha menggebrak pasar dengan produk-produk yang unik dan berkualitas! Jadilah berbeda, namun tetaplah mengutamakan produk dengan nilai solusi. Semangat!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.
***
KUIS BERHADIAH!
Periode 25-28 Februari 2023