UKM Indonesia

Bagaimana Bisa Ekspor Melalui Shopee?

Penulis : Nicko Farhan
09 Desember 2022
Lama Baca : menit


Sahabat Wirausaha pastinya sudah tidak asing lagi dengan Shopee. Tentunya selain untuk berbelanja, Sahabat Wirausaha membuka toko virtual dan berjualan di platform tersebut. Nah, mungkin Sahabat Wirausaha sudah berpengalaman dalam berjualan online, dan sedang berpikir bagaimana lagi caranya agar produk yang dijual bisa lebih laku. Ada kabar baik! Shopee kini sudah memiliki program ekspor untuk merchant yang terpilih. Mau tau lebih lanjut tentang program ekspor shopee dan bagaimana cara hingga bisa ekspor melalui Shopee? Yuk, ikutin terus artikel ini!

Baca Juga: Tips Jitu Untuk Sukses di Pameran Internasional


Program Ekspor Shopee dan Keuntungannya

Shopee memiliki program ekspor yang nantinya akan memudahkan pelaku-pelaku UKM untuk bisa memasarkan produknya ke negara lain, lho! Jangankan Indonesia yang pasarnya masih terus berkembang untuk pasar online, apalagi kalau Sahabat Wirausaha bisa menjangkau pasar internasional. Shopee kini sudah membuka jalur pemasaran untuk produk-produk UKM di Indonesia ke beberapa negara, antara lain Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, dan yang terbaru adalah Brazil dan Meksiko.

Sebelumnya, untuk sebuah usaha agar bisa menjual produknya ke luar negeri (ekspor) itu harus melalui proses yang cukup sulit. Sahabat Wirausaha hanya bisa mengirim atau menjual produk dalam jumlah besar, memerlukan container sendiri atau menyewa kontainer, perlu negosiasi dan komunikasi dengan pihak pembeli di luar negeri, mengurus standarisasi produk dan segala bentuk legalitas, belum lagi biaya bea cukai yang tidak murah. Program Shopee Ekspor ini menghilangkan segala kesulitan-kesulitan tersebut. Dengan bergabung di Shopee Ekspor, Sahabat Wirausaha bisa menikmati fasilitas akses pasar internasional dan menjual ke pembeli di luar negeri tanpa dikenakan biaya apapun, berapapun jumlah produk yang dijual.

Baca Juga: Memantau Peluang Pasar Ekspor melalui Platform Alibaba

Hingga saat ini, Shopee Ekspor sudah mencetak 180,000 eksportir yang terdiri dari para pelaku-pelaku UKM dan UMKM. Sesuai dengan yang diberitakan oleh CNBC Indonesia, bahwa Shopee memiliki target pengembangan jumlah eksportir hingga 500,000 eksportir hingga tahun 2030. Di bulan Februari 2021 sendiri saja sudah ada lebih dari 2,1 juta produk lokal buatan pelaku UKM indonesia yang terjual di beberapa negara, yaitu Singapura, Malaysia, dan Filipina. Itu baru di satu bulan dan ke tiga negara saja, lho!

Selain tidak dikenakan biaya apapun, Program Shopee Ekspor juga memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk menjual atau bertransaksi dengan pembeli luar negeri seperti bertransaksi dalam negeri. Program pemasaran produk Sahabat Wirausaha nantinya akan didukung penuh oleh Shopee, mulai dari chat dengan pembeli, penulisan deskripsi produk, pembuatan toko luar negeri, pengelolaan stok barang, manajemen toko di luar negeri, semua akan dilakukan dan dibantu oleh pihak Shopee. Sahabat Wirausaha hanya perlu memastikan stok di toko Sahabat Wirausaha selalu tersedia. Enak bukan? Lalu bagaimana caranya agar Sahabat Wirausaha bisa mendaftarkan toko untuk ikut Program Shopee Ekspor?

Baca Juga: Mengenal Ragam Standar Produk Ekspor


Cara Mendaftar

Terlepas dari betapa menariknya program tersebut, tentunya Shopee juga perlu menjaga nama baiknya dan memastikan pengalaman berbelanja bagi pembeli luar negeri senantiasa aman dan terjamin. Oleh karena itu, Shopee menetapkan beberapa persyaratan toko yang harus dipenuhi bila Sahabat Wirausaha tertarik untuk mendaftar Shopee Ekspor. Persyaratan itu antara lain:

  1. Toko memiliki minimal 1 produk yang aktif dijual, dengan jumlah stok minimal 2. Nantinya setelah toko Sahabat Wirausaha berhasil terdaftar dan bisa mulai berjualan, stok toko dalam negeri dan luar negeri Sahabat Wirausaha akan selalu otomatis sama atau 1:1. Kemudian, bila stok produk kurang dari 2 buah, maka yang tertera di toko luar negeri adalah 0.
  2. Toko memiliki akumulasi poin penalti kurang dari 3. Jadi pastikan Toko Sahabat Wirausaha selalu melayani pembeli dengan pelayanan terbaik ya!
  3. Toko memiliki status aktif (tidak sedang mengaktifkan fitur Toko Libur).
  4. Toko telah aktif selama lebih dari 3 bulan.
  5. Toko memiliki tingkat pembatalan pesanan kurang dari 3% selama 90 hari terakhir saat Toko Sahabat Wirausaha didaftarkan.
  6. Toko memiliki tingkat pengembalian barang atau dana kurang dari 1%. Jadi pastikan produk dan kemasan yang Sahabat Wirausaha kirimkan dengan kualitas terbaik untuk mencegah kekecewaan pembeli.
  7. Toko memiliki penjualan lebih dari 3 dalam 30 hari terakhir saat Toko Sahabat Wirausaha didaftarkan. Hal ini untuk memastikan bahwa produk yang dijual oleh Sahabat Wirausaha itu menarik dan ada yang berminat.
  8. Produk yang dijual bukanlah produk yang dilarang untuk diperdagangkan secara internasional.
  9. Toko mengaktifkan jasa kirim Shopee Express Standard, JNE Reguler, J&T Express, SiCepat REG, ID Express, Anteraja, atau Ninja Xpress.
  10. Penjual kategori Kesehatan dan Perawatan & Kecantikan harus memiliki lisensi BPOM untuk produk yang dijual. Perizinan yang satu ini tentunya perlu dipenuhi sebagai jaminan kepada pembeli luar negeri.
  11. Penjual kategori Makanan & Minuman harus memiliki produk dengan masa kadaluarsa di atas 2 minggu dan memiliki izin/sertifikasi BPOM atau PIRT. Ini penting karena pengiriman produk hingga sampai ke tangan konsumen bisa memakan waktu yang cukup lama.
  12. Penjual bukan merupakan dropshipper. Tujuannya agar stok barang betul-betul bisa diatur oleh Sahabat Wirausaha.
  13. Tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi.

Nah, untuk Sahabat Wirausaha yang tokonya sudah sesuai dengan persyaratan yang tertulis di atas, bisa mendaftarkan tokonya di sini. Bila toko Sahabat Wirausaha sudah diperiksa oleh pihak Shopee dan memenuhi semua syarat, nanti Sahabat Wirausaha akan mendapatkan pesan pop-up Undangan Program Ekspor Shopee di Seller Centre & dapat langsung memberikan konfirmasi untuk berpartisipasi.

Baca Juga: Jitu Membidik Peluang Pasar dan Target Negara Ekspor


Mekanisme Berjualan di Program Ekspor

Ada beberapa tahapan yang akan Sahabat Wirausaha lalui apabila ada pembeli luar negeri yang ingin membeli produk Sahabat Wirausaha, yaitu:

  1. Sahabat Wirausaha akan mendapatkan akun sipbuyerid, yang nantinya berfungsi sebagai saluran untuk menerima pesanan dari luar negeri. Saat ada pesanan, Sahabat Wirausaha bisa menekan tombol “Pesanan Saya”, kemudian dari list pesanan pilihlah pesanan dari sipbuyerid, lalu tekan tombol “Periksa Rincian”.
  2. Sahabat Wirausaha hanya perlu mengirimkan produk yang dipesan ke alamat Gudang Shopee sesuai dengan rincian keterangan yang tertera.
  3. Lalu Sahabat Wirausaha tinggal mengikuti petunjuk yang tertera dan mencetak resi pengiriman. Sahabat Wirausaha bahkan tidak perlu membayar biaya pengiriman barang karena sudah ditanggung oleh pembeli.
  4. Sahabat Wirausaha akan menerima dana hasil penjualan ke Saldo Penjual setelah paket diterima dengan baik di Gudang Shopee Indonesia (Jakarta). Sahabat Wirausaha bahkan tidak perlu menunggu hingga produk sampai di tangan pembeli luar negeri untuk menerima hasil penjualan.
  5. Produk yang dijual akan dikirim setelah sampai di Gudang Shopee Indonesia (Jakarta) sesuai dengan ketentuan yang tertera di petunjuk resi. Segala biaya bea keluar sudah ditanggung oleh Shopee.

Nah, menarik kan jadi eksportir di Shopee? Dengan bergabung di Program Shopee Ekspor, tentunya Sahabat Wirausaha bisa meningkatkan penjualan hingga berkali-kali lipat. Jadi, yuk mulai jadi eksportir!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20210503142257-25-242718/targetkan-500-ribu-eksportir-brasil-jadi-pasar-ekspor-shopee
  2. https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/359
  3. https://seller.shopee.co.id/edu/article/7099
Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: