Chart, radar chartDescription automatically generated

Memasuki era digital, persaingan bisnis menjadi semakin ketat dari hari ke hari. Setiap pelaku bisnis dituntut untuk mencari pangsa pasar yang tepat dan memenangkan persaingan untuk menjadi yang terbaik. Untuk menghindari persaingan tersebut, kita memerlukan sebuah inovasi untuk memberikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dari waktu ke waktu.

Kali ini kita akan membahas 10 tipe inovasi yang akan sangat membantu Anda untuk membuat terobosan dalam bisnis.


Sekilas Tentang 10 Tipe Inovasi Bisnis

10 tipe inovasi ini didasari oleh penelitian mendalam selama bertahun-tahun yang dilakukan oleh Doblin, sebuah perusahaan yang berfokus pada inovasi. Doblin telah menganalisis lebih dari 2.000 inovasi bisnis sepanjang sejarah dan menemukan bahwa sebagian besar terobosan tidak selalu berasal dari penemuan teknik atau penemuan langka yang orisinil.

Doblin mengamati bahwa sebuah inovasi muncul dari 3 aspek, yaitu konfigurasi, penawaran dan pengalaman. Aspek tersebut lalu dijelaskan lebih lanjut kedalam 10 tipe inovasi. Adapun 10 tipe inovasi sebagai berikut:

Tipe Inovasi

Deskripsi

  1. Model Keuntungan (Profit Model)

Bagaimana Anda menghasilkan uang?

  1. Jaringan (Network)

Koneksi dengan orang lain untuk menciptakan nilai

  1. Struktur (Structure)

Keselarasan bakat karyawan dan aset Anda

  1. Proses (Process)

Proses khas untuk operasional bisnis

  1. Kinerja Produk (Product Performance)

Fitur dan fungsionalitas yang membedakan

  1. Sistem Produk (Product System)

Produk dan layanan pelengkap

  1. Pelayanan (Service)

Dukungan dan peningkatan yang mengelilingi penawaran Anda

  1. Saluran (Channel)

Bagaimana penawaran Anda disampaikan kepada pelanggan dan pengguna

  1. Merek (Brand)

Representasi dari bisnis Anda

  1. Keterlibatan Pelanggan (Costumer Engagement)

Interaksi khas yang Anda dengan pelanggan


10 tipe inovasi diatas merupakan hasil dari penelitian Doblin lebih dari 40 tahun kepada 2.000 perusahaan terbaik di Dunia, seperti Microsoft, McDonald, Google, dan masih banyak lagi yang berhasil membawa bisnis tersebut menjadi yang terdepan di industri masing-masing. 10 jenis inovasi tersebut diidentifikasi oleh Doblin ke dalam tiga kategori, yaitu konfigurasi, penawaran, dan pengalaman. Yuk mari kita bahas satu per satu penerapannya!

Baca Juga: 10 Tipe Inovasi Bisnis yang Perlu Dilakukan


Tipe Inovasi Nomor 1-4 : “Konfigurasi”

Menurut penelitian dari Doblin, empat tipe inovasi pertama berfokus pada konfigurasi perusahaan dan semua pekerjaan yang terjadi di “belakang layar”. Tipe inovasi ini memang tidak secara langsung berhubungan dengan pelanggan, namun inovasi tersebut akan berdampak penting pada pengalaman pelanggan.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu dari keempat tipe bisnis yang termasuk kedalam kategori konfigurasi.

Calendar

Description automatically generated

Sumber gambar : Doblin

1. Model Keuntungan (Profit Model)

Model keuntungan berkaitan dengan cara suatu bisnis menghasilkan uang. Inovasi ini berfokus pada sumber keuntungan dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Inovasi pada model keuntungan terjadi ketika perusahaan menemukan cara baru untuk mengembangkan, menyampaikan, dan yang paling penting menangkap nilai. Untuk ini, kita harus menganalisis kebutuhan pelanggan dan menemukan cara baru untuk menghasilkan uang berdasarkan kebutuhan mereka yang belum terpecahkan.

Baca Juga: Lima Alasan Kenapa Budaya Inovasi Penting Bagi UMKM

Contoh inovasi model keuntungan adalah media penerbit, salah satunya seperti New York Times. Media New York Times mengubah model keuntungan mereka yang awalnya berasal dari iklan yang terpasang di website mereka menjadi layanan berlangganan kepada pengguna media digital mereka. Tentu ini akan mengubah model keuntungan mereka dan akan memengaruhi pengalaman pengguna mereka dari terganggunya iklan saat pengguna membaca berita.

2. Jaringan (Network)

Inovasi jaringan adalah cara suatu perusahaan menangani hubungan dengan para pemangku kepentingan dan bagaimana memanfaatkan jaringan yang ada untuk meningkatkan hubungan kemitraan.

Inovasi jaringan menggunakan pendekatan arus informasi yang berasal dari pihak internal yang meliputi jajaran manajemen dan karyawan dengan pihak eksternal seperti distributor dengan tujuan memperluas pasar. Dengan kata lain, inovasi jaringan adalah hasil dari berbagi pengetahuan dan keahlian antara banyak perusahaan.

Contoh inovasi jaringan adalah Ford, produsen mobil tersebut menjadi industrialis pertama yang mengontrol seluruh rantai pasokan, strategi ini kemudian disebut integrasi vertikal (vertical integration). Integrasi vertikal membantu Ford mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi.

Baca Juga: Ragam Cara Mengembangkan Usaha Dengan Mengoptimalkan Dampak Sosial dan Pemberdayaan Komunitas

3. Struktur (Structure)

Inovasi struktur berhubungan erat pada pengelolaan SDM pada setiap divisi atau departemen dalam bisnis. Kita harus memikirkan apa yang perlu, apa yang tidak, dan apa yang perlu ditingkatkan, dan apa yang perlu di-outsource.

Contoh inovasi struktur datang dari Google, dengan Proyek 20%-nya , di mana karyawan dapat bekerja selama 20% waktunya, pada proyek pribadi yang juga dapat menguntungkan perusahaan.

4. Proses (Process)

Inovasi pada proses adalah ketika proses di dalam perusahaan ditingkatkan untuk efisiensi, baik untuk mengurangi waktu produksi atau untuk mengurangi biaya tertentu. Contoh paling terkenal untuk inovasi pada proses adalah McDonald, pada saat itu ia menjadi pionir dalam memproses makanan dalam hitungan hanya beberapa menit. Selain itu, McDonald juga memiliki terobosan dengan metode pemesanan drive-thru yang akan memberikan efisiensi bagi pihak McDonald dan pelanggannya.

Baca Juga: Apa itu Product Adaptation?


Tipe Inovasi Nomor 5-6 : “Penawaran”

Menurut penelitian dari Doblin, kinerja produk dan sistem produk merupakan tipe inovasi yang berfokus pada penawaran. Kategori ini adalah tentang apa yang dapat ditawarkan perusahaan kepada klien, dalam hal produk, layanan, pengalaman, dan nilai. Kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai tipe inovasi kinerja produk dan sistem produk.

Chart, treemap chart

Description automatically generated

Sumber gambar : Doblin

1. Kinerja Produk (Product Performance)

Inovasi kinerja produk berfokus pada nilai dan fitur serta kualitas produk. Hal ini dilakukan dengan mengembangkan produk baru atau dengan meningkatkan produk yang sudah ada. Inovasi ini dapat dilihat dari bagaimana produk Anda dan kinerjanya dapat ditingkatkan dari semua aspek, mulai dari kualitasnya, tampilannya, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Menentukan Unique Selling Proposition

Contoh dari penerapan inovasi pada kinerja produk adalah Gojek. Gojek selalu meningkatkan kinerja aplikasinya agar memiliki performa yang baik untuk berbagai perangkat dan mengubah tampilan aplikasi (user interface) agar selalu menarik dan nyaman digunakan.

2. Sistem Produk (Product System)

Mirip dengan Inovasi Kinerja Produk, Inovasi Sistem Produk adalah tentang penawaran yang diberikan oleh Anda. Lebih tepatnya, di sepanjang produk utama, penawaran pelengkap apa lagi yang dapat Anda tambahkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, yang akan memberi Anda keuntungan?

Contoh dari penerapan inovasi pada sistem produk adalah Apple. Apple memiliki berbagai perangkat yang dapat saling terhubung dengan ekosistem yang dibuat oleh Apple, mulai dari IPhone, IMac, IWatch, dan lain sebagainya, yang akan memberikan nilai tambah baru bagi konsumen dan meningkatkan keuntungan bagi Apple.

Baca juga: Pola Struktur Organisasi bagi UMKM


Tipe Inovasi Nomor 7-10 : “Pengalaman”

Menurut penelitian dari Doblin, Keempat tipe inovasi terakhir ini berfokus pada peningkatan pengalaman yang dirasakan secara langsung oleh pelanggan. Kategori ini difokuskan pada pengguna – pada pengalamannya saat berinteraksi dengan produk, layanan, dan semua aspek lain dari bisnis Anda. Kali ini kita akan membahasnya lebih lanjut.

Calendar

Description automatically generated

Sumber gambar : Doblin

1. Layanan (Service)

Inovasi Layanan berkaitan dengan hubungan antara pelanggan dengan bisnis Anda. Hal tersebut berkaitan dengan seberapa baik hubungan kita dengan pelanggan, bagaimana proses penyelesaian komplain, layanan seperti apa yang bisa meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan lain sebagainya.

Contoh inovasi pada layanan adalah Amazon Prime. Amazon Prime menghadirkan layanan pengiriman barang hanya dalam 2 jam bagi pelanggannya di area perkotaan, yang dimana pada saat itu kompetitornya masih membutuhkan waktu berhari-hari untuk dapat sampai ke tangan pelanggan.

2. Saluran (Channel)

Inovasi pada saluran berkaitan pada semua saluran tempat pelanggan dan calon pelanggan kita dapat mengetahui tentang bisnis kita dan penawaran yang akan diberikan, serta cara bisnis kita berkomunikasi dan memelihara hubungan itu.

Baca Juga: Cara UMKM Menetapkan Target Usaha

Contoh inovasi pada saluran yaitu Nespresso, sebuah alat pembuat kopi instan kapsul untuk rumah tangga. Mereka menciptakan Nespresso Club yang menyatukan para pelanggannya dan memberikan berbagai keuntungan seperti, saran penyajian kopi, saran pemeliharaan alat, penawaran menarik, dan undangan untuk berbagai acara yang diadakan Nespresso.

3. Merek (Brand)

Inovasi pada merek berhubungan dengan citra merek dari bisnis kita. Hal tersebut berkaitan dengan persepsi pelanggan untuk dapat memprioritaskan bisnis kita daripada kompetitor. Untuk strategi merek yang kuat, kita harus mempertimbangkan nilai perusahaan, posisi, manfaat, dan banyak elemen lain yang saling berkaitan.

Contoh penerapan inovasi pada merek adalah Indomie. Indomie yang berhasil membangun citra merek yang kuat sebagai mie dengan citarasa Indonesia di seluruh Indonesia hingga luar negeri. Melalui berbagai kampanye merek, Indomie sukses membangun persepsi sebagai mie intant terenak. Hal ini menjadikan Indomie sebagai pilihan pertama konsumen untuk makanan mie instan di Dunia.

4. Keterlibatan Pelanggan (Costumer Engagement)

Keterlibatan pelanggan berkaitan dengan apa yang pelanggan Anda pikirkan tentang produk atau layanan kita dan bagaimana kita dapat berinteraksi dengan mereka dengan cara yang lebih efisien. Inovasi keterlibatan pelanggan dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Mengidentifikasi Peta Persaingan Supaya Bisnis Tetap Unggul

Contoh Inovasi Keterlibatan Pelanggan yang hebat adalah Apple. Setiap kali Apple meluncurkan produk baru, ia berhasil mempertahankan basis pelanggan setia yang solid. Apple juga berhasil membuat pelanggannya dengan sukarela memberikan penilaian atas pengalaman saat menggunakan produk Apple kepada orang disekitarnya.

Pada dasarnya, inovasi merupakan hal yang wajib dilakukan bagi UMKM agar tetap bertahan dan relevan terhadap perkembangan kebutuhan pelanggan. Contoh diatas merupakan kisah sukses perusahaan global dalam membangun inovasi. Sebagai UMKM, kita tidak harus menerapkan keseluruhan tipe inovasi, pilihlah satu tipe inovasi terlebih dahulu dan konsisten dalam menjalaninya hingga akan memberikan dampak langsung yang dirasakan bagi pelanggan Anda.

Referensi:

  1. Doblin - 10 Typesof Innovation | Innovating Society
  2. 10 Types of Innovation: The Art of Discovering a Breakthrough Product | Visual Capitalist