UKM Indonesia

Laporan Dampak ukmindonesia.id 2020 - Merajut Kolaborasi untuk UMKM Naik Kelas


Walau mengalami keterlambatan dari target semua yang berharap bisa menyampaikan laporan ini kepada publik sebelum semester 1 - 2021 berakhir, kami bersyukur akhirnya masih bisa mempublikasikan dokumen ini bertepatan pada hari ulang tahun Indonesia yang ke 76 tahun.

Kali ini kami mengangkat tajut "Merajut Kolaborasi untuk Pendampingan UMKM Naik Kelas". Pada dokumen ini, kami juga menawarkan deifinisi operasional dari program pendampingan itu sendiri, dan hasil dari berbagai program pendampingan, pelatihan, dan penelitian, juga kami sampaikan di laporan ini, agar dapat menjadi referensi pembelajaran bagi kita bersama, dan tentunya, dapat memantik diskusi lanjutan yang lebih spesifik dan konstruktif, dalam memperluas akses program pendampingan untuk mengakselerasi lebih banyak lagi pelaku UMKM naik kelas.

Inilah persembahan yang semoga dapat menunjukkan keseriusan kehadiran kami untuk mengembangkan, mendukung, dan mengisi ekosistem yang relevan dan progresif untuk mendorong lebih banyak UMKM Naik Kelas. Bagi kami, dokumen ini adalah wujud kado kecil untuk tanah air tercinta. Dirgahayu Indonesia-ku yang raya!

Unduh laporan dampak ukmindonesia.id 2020 disini.