Pembelajaran dari Program UKM Melaju Digital Bersama Facebook

Artikel · Ulasan - Bisnis Umum
Lama Baca : 2 Menit

Siapa sangka bencana pandemi akan mengganggu aktivitas perekonomian kita sampai memasuki tahun kedua seperti ini? Tak terasa, sudah hampir dua tahun, tepatnya 16 bulan sudah kehidupan kita dibatasi oleh pandemi yang membuat kita harus #dirumahaja. Hotel sepi, kontainer banyak yang kosong kosong karena menurunnya pengiriman antar negara, pasar-pasar tradisional dan mall sepi, seminar, aktivitas sekolah dan belajar, pameran dan event-event bazaar terhenti.

Di konteks yang lebih domestik, acara arisan keluarga, pengajian, ulang tahun, khitanan, ibadah, resepsi pernikahan, sampai acara doa bersama ketika ada sanak famili kita yang berpulang ke Tuhan YME pun menjadi sangat dibatasi, sehingga mengurangi ruang interaksi tatap muka kita dalam bermasyarakat. Hampir semuanya mendadak diselenggarakan secara digital.

Kegiatan ukmindonesia.id juga tak lepas dari tekanan tersebut, dan secara cepat harus melakukan adaptasi agar program-program kerja tak perlu ikut terhenti karena keharusan physical distanding dan #dirumahaja. Banyak program pelatihan yang semua direncanakan untuk diselenggarakan secara offline, harus diselenggarakan secara online, salah satunya adalah program pelatihan UKM Melaju Digital, suatu program kolaborasi bersama Facebook.

Program Pelatihan UKM Melaju Digital bersama Facebook ini berlangsung pada 2 Maret – 6 April 2021, yang terdiri dari 6 sesi pelatihan bersama official trainer Facebook di Indonesia. Adapun tema yang dibahas dalam 6 sesi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dasar Online Marketing dan Halaman Bisnis Facebook
  • Fitur Penting Dalam Halaman Bisnis Facebook
  • Pengenalan Instagram Bisnis
  • Ragam Alat Bantu dan Trik Pembuatan Konten Kreatif
  • Mengembangkan Audiense dengan Facebook Insight
  • Teknis Dasar Beriklan Efektif di Facebook


Diluncurkan pada 2 Maret 2021 lalu, program ini juga turut didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI. Hal ini diwujudkan dengan kehadiran Bapak Menteri Koperasi dan UKM RI - Teten Masduki - ikut membuka acara sesi pelatihan perdana dan menyampaikan apresiasi kepada perusahaan teknologi Facebook dan ukmindonesia.id yang secara kolaboratif menyelenggarakan program ini, karena sejalan dengan target pemerintah untuk mengakselerasi UMKM Go Digital secara optimal, dalam artian, bisa lebih efektif dalam membantu UMKM mengembangkan omset dan skala usahanya.

Beliau juga menitipkan pesan agar peserta pelatihan tidak hanya ikut pelatihan saja, tapi juga mempraktekkan ilmunya, "karena ilmu akan benar-benar bermanfaat saat diaplikasikan", pesan beliau.

Sesi dilaksanakan melalui zoom meeting yang disiarkan terbatas ke Facebook Grup Komunitas Belajar UKM Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memberi akses bagi peserta yang mungkin belum memiliki aplikasi zoom meeting pada HP atau laptopnya, sementara hampir semua peserta sudah memiliki menggunakan aplikasi facebook.

Program ini menerima sekitar 2100 pendaftaran, dan sekitar 1800 menerima undangan untuk bergabung di grup Facebook “Komunitas Belajar UKM Indonesia”, dan bisa terus mendapatkan akses ke seluruh video rekaman sesi pelatihan bersama official trainer facebook tersebut, manakala mereka ingin mengulangnya.

Untuk mengoptimalkan dan memantau hasil dari kegiatan pelatihan ini, program ini diperkuat dengan aktivitas tambahan, yaitu:

  • Kuis online, yang terdiri dari 10 pertanyaan untuk memantau tingkat pemahaman peserta terkait materi yang dilatihkan; disertai dengan formulir evaluasi terkait kualitas dari sesi pelatihan (seperti kesesuaiaan materi dengan kebutuhan, trainer, fasilitator, dll).
  • Sesi pendampingan pendalaman (pilihan) bagi peserta yang ingin tanya jawab lebih lanjut – khususnya terkait masalah atau kebingungan tertentu yang dialami peserta setelah mencoba mempraktikkan beberapa pengetahuan dari sesi pelatihan – dengan fasilitator digital marketing ukmindonesia.id yang sudah mendapatkan pelatihan langsung dari official trainer Facebook Indonesia. Sesi ini juga disediakan sebanyak 6 sesi, Jika sesi pelatihan diselenggarakan pada setiap hari Selasa jam 13:00 – 15.00 WIB; sesi pendampingan ini diselenggarakan setiap hari Jumat, jam 13.30 – 15.00 WIB, yang dikemas dalam format tanya jawab 90% dan 10% penjelasan mengenai tugas.
  • Pengumpulan dan evaluasi tugas yang dikumpulkan peserta. Adapun tugas yang diberikan disesuaikan dengan masing-masing tema pelatihan. Apabila tugas ini dikerjakan, sebenarnya secara otomatis akan memperbaiki penampilan dan kinerja dari saluran digital dari masing-masing bisnis peserta di Halaman Facebook-nya (Facebook Page), baik itu terkait profil Halaman Bisnis, konten postingan, membaca data insights, sampai membuat konten iklan.
  • Pengumuman dan penyaluran hadiah berupa saldo kredit untuk beriklan di facebook sebesar Rp250,000 untuk 50 peserta terbaik di setiap sesi pelatihan; yang dipublikasikan di ruang komunikasi Fecebook Grup Komunitas Belajar UKM Indonesia.

Nah, agar kita semua dapat mendulang pembelajaran dari program ini, berikut kami sampaikan ringkasan kinerja hasil atau output dari program kemarin.


Gimana teman-teman? Hasil di atas bagus, ga? Sebagai penyelenggara, kami cukup senang. Karena jika dilihat dari komposisi nilai kuis, hasil pembelajaran cukup baik dengan rata-rata nilai kuis yang secara keseluruhan di atas 7,5. Namun kita dapat melihat juga, bahwa sepertinya materi paling “tidak mudah” adalah seputar Teknik membuat konten dan teknis beriklan via Facebook.

Tapi, jangan khawatir, dimana kemauan, pasti ada jalan! Apalagi di tengah pandemi ini, mari kita jadikan “bencana” ini menjadi “pecut” dan menjadi “the power of kepepet” bagi kita semua untuk segera upgrade diri dengan keterampilan digital yang lebih piawai lagi, sehingga kita dapat terus menjangkau konsumen, mengamati persaingan, jeli mencipta keunggulan unik produk, sabar dan ramah melayani chat konsumen, sampai akhirnya bisa cetak omset!

Bagi Sahabat Wirausaha yang mungkin ada yang kepo dengan seberapa baik keterampilan digital kamu dan pengen tes kemampuan diri, langsung saja klik link untuk mengikuti kuis yang sama dengan peserta program ini ya: Bit.ly/kuismelajudigital – dengan mengisi kuis ini Sahabat juga bisa sekaligus daftar untuk tergabung di Grup Facebook Komunitas Belajar UKM Indonesia dan mengakses 6 video pembelajaran di atas.

Demikian kiranya sharing pengalaman dari kami. Semoga bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya, khususnya berbagai pihak yang ingin berkontribusi dalam akselerasi keterampilan digital marketing untuk UMKM di Indonesia. Saatnya UMKM Go Digital!

Dewi Meisari Haryanti
2021-07-13 21:05:50
Konten Terkait

PELUNCURAN DAN SOSIALISASI PROGRAM EDUKASI LITERASI DIGITAL BERSAMA WHATSAPP

Akses Teknologi

Gratis

Halo Sahabat Wirausaha!Kali ini kami ingin mengundang para sahabat untuk ikut serta dalam PELUNCURAN DAN SOSIALISASI PROGRAM EDUKASI LITERASI DIGITAL BERSAMA WHATSAPPPandemi COVID-19 mendorong UMKM untuk berinovasi agar bisa tetap bertahan dan mengembangkan usahanya, salah satunya dengan go digital. Untuk itu, diperlukan keterampilan digital yang bertanggung jawab dan pemahaman terhadap literasi keuangan.Untuk mendukung dan memberdayakan UMKM untuk go digital, WhatsApp bekerja sama dengan UKM Indonesia akan meluncurkan program Katalog Bisnis UMKM dan pelatihan Go Digital & Scale-Up with WhatsApp, sebuah Pelatihan Literasi Digital untuk Akselerasi Pengembangan UMKM. Yuk, ikuti acara peluncuran program ini untuk tahu lebih lanjut mengenai manfaat programnya dan belajar langsung dari beberapa narasumber pada: : Selasa, 21 Juli 2020 : 10.00 - 11.00 WIB : Live on Zoom Webinar GRATIS!!!Registrasi sekarang di:bit.ly/webinar-ScaleUpWASaatnya UKM Naik Kelas dengan Go Digital bersama WhatsApp!

2020-07-21

Pelatihan Online Go Digital dan ScaleUp with WhatsApp

Pelatihan

Gratis

Pandemi Covid19 memberi dampak pada penurunan ekonomi di Indonesia, UMKM salah satu yang terkena imbasnya, produksi menurun, pemangkasan karyawan tidak bisa dihindari. Physical Distancing membuat UMKM harus segera Go Digital agar mampu bertahan dan membangkitkan usahanya. Tetapi masalahnya tidak sedikit keterampilan pelaku UMKM secara umum masih rendah soal digital.

2020-10-20

Digitalks UMKM Maju dengan Teknologi Digital

Seminar

Gratis

Struktur perekonomian Indonesia masih didominasi oleh sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mencapai 62,92 juta unit usaha. Namun, banyak tantangan yang dihadapi UMKM untuk naik kelas. Pemerintah mendorong UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produknya. Terlebih di tengan era revolusi industri 4.0, UMKM diharapkan bisa terus bertahan terhadap sejumlah tantangan yang ada. Berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UMKM RI, terjadi kenaikan omzet signifikan dari 13% para pelaku UMKM yang sudah terhubung dengan pasar online (marketplace). Dengan mengangkat tema ÔÇ£UMKM Maju dengan Teknologi DigitalÔÇØ, sesi DigiTalks kali ini diharapkan dapat membuka wawasan para pelaku UMKM untuk ikut memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produknya, khususnya pada masa new normal sekarang ini.Ayo segera daftarkan diri Anda. Webinar ini akan diselenggarakan pada , Rabu, 26 Agustus 2020Pukul 15.00 - 16,30Platform: Zoom webinarDengan pembicara:1. Dian Martin, Chairperson, DIGIMIN (Asosiasi Digital Marketing Indonesia)2.Aries Koncara Wirawan, Senior Account Manager,BOXME3. Indra Kuspratama,Founder & CEO, GREBEModerator:Adang Nur M.I.,Founder & CEO, GoUKMGroupUntuk pendaftaran,silahkan klik: https://bit.ly/digitalks1_webInformasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami di 0812 808 90003

2020-08-26

Innovesia Webinar Digital Mindset

Seminar

Gratis

Krisis pandemi COVID-19 telah berdampak pada perubahan bisnis secara global. Saat ini, kemajuan teknologi dan ruang digital memaksa para pelaku bisnis untuk mengubah model bisnis yang sudah ada, dan menawarkan cara baru untuk berinteraksi dengan pelanggan. Untuk menghadapi era transformasi digital adalah membangun organisasi dan manusianya terhadap perubahan dan juga bagaimana secara efektif beradaptasi dalam mencapai transformasi yang berkelanjutan.Dalam webinar kali ini akan disampaikan oleh Daniel Oscar Baskoro (ICT for Development Researcher), Pengalaman dalam mengembangkan berbagai inovasi teknologi yang terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Internet (SDGs) melalui data analitik, Human Center Design (HCD), dan internet of things (IoT), yang akan membahas bagaimana menghadapi era transformasi digital saat ini dengan menerapkan pola pikir digital, bagaimana memahami perubahan perspektif tentang solusi digital, dan menerapkan teknologi untuk membantu memperkuat kolaborasi dan interaksi dengan orang-orang dari berbagai pekerjaan dan beradaptasi dengan teknologi selama dan setelah periode pandemi Covid-19. Penasaran? Buruan daftarkan dirimu di: https://www.loket.com/event/innovesiawebinardm

2020-06-18