Penggunaan Teknologi, Bisa Meningkatkan Pendapatan UMKM 23-80%

Artikel · Ulasan - Bisnis Umum
Lama Baca : 2 Menit

Saat ini UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), menjadi salah satu sektor yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Besarnya sumbangan bisnis UMKM dalam percaturan bisnis di Indonesia cukup besar: Kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai 60% serta penyerapan tenaga kerja 116,73 juta orang atau 97,02% dari total angkatan kerja yang bekerja.

Kondisi ini memang cukup menarik, mengingat saat ini saja kontribusi yang ada sudah mencapai 60%, sekalipun kinerja yang dilakukan oleh UMKM belumlah bisa dikatakan maksimal. Lantas apa yang sebenarnya terjadi dengan bisnis UMKM. Sejauh yang kita bisa temukan masalahnya di lapangan, minimal ada sekitar 5 hal yang menjadi kendala dalam pengembangan bisnis UMKM di Indonesia.

Dari mulai permodalan, distribusi barang, perizinan, pembukuan yang masih manual serta pemasaran online. Dimana dari ke-5 persoalan yang saat ini di hadapi pebisnis UMKM, setidaknya masalah penggunaan teknologi saat ini begitu menjadi satu hal yang masih mungkin di lakukan. Kenapa, karena melihat kondisi yang saat ini ada di lapangan, seperti juga yang di kemukakan oleh Agus Muharram, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, “ Bahwa mayoritas pelaku UMKM belum mendapatkan manfaat dari pemanfaatan digital teknologi. Dimana terjadinya kondisi seperti ini salah satunya adalah karena pelaku bisnis UMKM sebagian besar belum sepenuhnya memahami arti penting dari pemanfaatan teknologi digital.

Padahal seperti yang di kemukakan oleh McKinsey and Company, bahwa ekonomi Indonesia akan terdongkrak sebesar 10% melalui aktivitas digital pada 2025. Melalui pendekatan teknologi digital, negara ini berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan baru sebanyak 3,7 juta orang, termasuk dari skema job matching dan permintaan tenaga kerja melalui platform berbasis online. Bukan hanya itu, dengan peningkatan penggunaan teknologi itu pula pada akhirnya lembaga ini mampu memprediksi bahwa pertumbuhan penetrasi pengguna bisa mencapai 41,9% pada 2019 dan diharapkan menembus 50,6% pada 2023. Sebagai gambaran, saat ini jumlah UMKM di Indonesia mencapai 62,92 juta unit usaha atau 99,92% dari total unit usaha di dalam negeri.

Melihat kondisi diatas itulah, sebagai wujud dari komitmen Barantum, kami merasa perlu untuk bekerja sama dengan instansi terkait atau lembaga yang concern dalam peningkatan kualitas UMKM yang ada di Indonesia. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah mencoba kolaborasi dengan industri UMKM agar hasilnya bisa lebih maksimal dibanding apa yang saat ini sudah di capai oleh perusahaan.

Achmad S. - Barantum
2020-01-02 10:36:02

Konten Terkait

Ulasan - Bisnis Umum

Kemitraan, Strategi Bisnis UMKM dalam Meningkatkan Omzet Penjualan

Melihat pentingnya sebuah bisnis di jalankan dengan strategi yang matang. Sudah pasti hasilnya akan menjadi maksimal. Namun sayang besarnya potensi yang dimiliki pelaku bisnis UMKM masih menghadapi beberapa kendala. Salah satunya adalah masalah pengembangan jaringan usaha, pemasaran dan kemitraan. Oleh karena itu, memang dibutuhkan adanya sinergi yang baik dan terarah tidak saja dari pemerintah terkait tapi juga dari pelaku bisnis. Sehingga dengan terjadinya sinergi bisnis yang baik dan benar, maka sudah pasti peningkatan omzet dari pebisnis UMKM bisa lebih mudah untuk di tingkatkan.

2020-01-02 15:01:17

Ulasan - Bisnis Umum

Menentukan Strategi Pemasaran di Media Sosial Melalui Audit Performa Akun

Kebanyakan dari kita yang menggunakan sosmed sebagai media promosi bisnis utama, kadang lupa untuk menentukan prioritas dalam mengelolanya. Sehingga yang terjadi adalah kita mengunggah berbagai konten produk secara random. Nah, bagaimana cara menentukan prioritas yang dimaksud? Serta cara apa saja yang tepat untuk mengefektifkan kinerja sosial media dari brand kita?

2019-12-31 17:32:08

Ekonomi Inklusif

Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar

Dari namanya UMKM memang memiliki kepanjangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), namun jangan salah si kecil ini memiliki kontribusi yang sangat besar dan krusial bagi perekonomian kita secara nasional.

2018-07-24 21:57:32

Ulasan - Bisnis Umum

Menyusun Rencana Usaha Sederhana

Rencana Usaha adalah rute perjalanan yang telah kita pilih setelah membuka tebaran peta yang luas. Kita mesti sadar dimana titik awal keberangkatan kita memulai, dan kemana pula kita ingin menuju atau titik destinasi kita. Banyak jalan menuju Roma. Jadi, di dalam rencana usaha, tak cukup kita hanya menentukan destinasi, tapi juga rute mana yang akan kita pilih untuk mencapai tujuan tersebut.

2019-12-20 09:52:42