Berbisnis Rapi dengan Work Flow dan Management Plan

Artikel ยท Ulasan - Bisnis Umum
Lama Baca : 2 Menit

Mereka telah memulai usaha, mereka telah mulai menghasilkan produk yang berkualitas, mereka telah memulai aktivitas pemasaran maka sudah saatnya menata bisnis mereka menjadi lebih rapi dan profesional. Sehingga ketika mereka butuh bekerjasama dengan pihak lain, seperti distributor, perbankan maupun investor penilaiannya menjadi lebih baik.

Saat itu tuntutan yang paling nyata adalah sistem manajemen perusahaan yang rapi dan terukur kinerjanya. Dan hal ini harus disadari oleh para pelaku UMKM bahwa mereka harus tampil profesional baik dalam perilaku bisnis maupun sistem manajemen yang disodorkan kepada pihak mitra kerjasama. Dan hal tersebut harus dimulai sejak saat ini, saat mereka belum terlalu kompleks permasalahan dalam prakteknya.

Sistem manajemen tidak berhenti hanya pada bagaimana mereka bisa membuat BMC (Bisnis Model Canvas) yang memberikan gambaran secara umum bisnis apa yang mereka lakukan, apa uniknya produk mereka, siapa pasar mereka bidik, siapa mitra kerja, bagaimana aktivitas kerja utamanya, bagaimana struktur biaya yang membangun harga dan bagaimana asal pendapatan bisnis mereka dan seterusnya, melainkan bagaimana kita perlu memberikan gambaran alur kerja dalam perusahaan secara detail dan rencana manajemen yang rapi dan terukur.

Business Model Canvas (BMC)


Business Model Canvas memang akan memberikan gambaran secara umum bagi pihak luar atas bisnis kita, namun untuk melihat apakah sistem tersebut bisa berjalan dengan baik atau tidak maka perusahaan harus menyajikan alur-alur yang memperlihatkan fungsi-fungsi utama dari sebuah perusahaan dan alur-alur kerjanya. Job description akan tampil ketika kita melihat adanya interaksi antara satu fungsi kerja yang satu dan yang lainnya. Output kerja dari fungsi kerja sebelumnya akan menjadi input kerja bagi fungsi kerja selanjutnya dan hal ini bisa menjadi check list kinerja persuahaan tersebut, atau bisa dijabarkan lagi menjadi job description.

Fungsi kerja secara nyata akan muncul dalam sebuah struktur organisasi perusahaan yang memberikan gambaran beberapa fungsi kerja (department) dan jenjang-jenjang mereka dalam berorganisasi dalam perusahaan. Fungsi kerja tergantung dari jenis usaha dan skala usahanya. Untuk UMKM struktur organisasi di bawah ini telah mencukupi, dan bahkan telah mengakomodasi pengembangan bisns di masa mendatang.

Struktur Organisasi

Setelah struktur oganisasi, sebagaimana yang sering saya temui dalam struktur organisasi usaha skala UMKM, mereka berhenti atau beberapa telah menambahkan job description setiap fungsi kerja. Namun data tersebut tidak menggambarkan alur kerja dalam perusahaan tersebut, oleh sebab itu perlu dibuat sebuah alur kerja sebagaimana di bawah ini:

Work Flow

Meskipun work flow di atas hanya selembar, namun work flow tersebut telah bisa memberikan gambaran yang jelas dan terukur kepada para pihak mitra. Gambaran ini bisa memberikan kesan "profesional" dan "well-planned" kepada perusahaan. Inilah sebabnya lembar ini saya sebut sebagai work flow dan management plan karena lembar ini bisa menjadi acuan management dalam memahami alur yang ada dalam organisasi dan juga bisa sebagai dashboard dalam melihat proses mana yang kurang berjalan dengan baik dan perlu perbaikan.

Semua harus dimulai ketika perusahaan masih berskala kecil, saat permasalahan belum kompleks sehingga pembuatan work flow menjadi tidak terlalu rumit. Tidak harus perusahaan besar yang memiliki work flow yang bagus, UMKM pun bisa. Sukses!



Sumber : http://www.rumahumkm.net

Gendut Marjoko
2018-12-09 17:46:21

Konten Terkait

Mastering Business Model with LEGO Serious Play Methodology

Coaching dan Mentoring

Berbayar

Masterclass EXCELLOKAMastering Business Model with LEGO Serious Play MethodologyWaktu: 09.00 - 17.00 WIB

Cityloft SudirmanJakarta
2020-02-01

Pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan UMKM - SURABAYA

Pelatihan

Gratis

Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Business Development Service Indonesia menyelenggarakan pelatihan bagi anda para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah & Koperasi (UMKM-K).

Gedung Perpustakaan Lt. 5 Universitas Surabaya (UBAYA) Tenggilis Kota Surabaya
2018-11-27

Pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan UMKM - SAMARINDA

Pelatihan

Gratis

Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Business Development Service Indonesia menyelenggarakan pelatihan bagi anda para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah & Koperasi (UMKM-K).

PLUT-KUKMKM Kalimantan TimurSamarinda
2018-11-19

Pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan UMKM - SEMARANG

Pelatihan

Gratis

Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Business Development Service Indonesia menyelenggarakan pelatihan bagi anda para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah & Koperasi (UMKM-K).

Gedung UMKM Center Jawa TengahSemarang
2018-10-25